Gerakan Bola Mata Kiri Anak Terbatas

Info Penanya, wanita 32 Tahun

Anak saya umur 2,5 tahun, mata sebelah kirinya bagian hitam kurang bisa mentok kekiri,,hanya sampai setengah saja, itu kenapa ya?kalau saya priksakan lgs ke dokter mata atau ke dokter anaknya dlu

14 May 2018, 10:53 WIB
dr. Anita Amalia Sari
dijawab oleh: dr. Anita Amalia Sari

Terima kasih telah bertanya seputar gerakan bola mata anak menggunakan fitur Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran Anda. Apakah hal ini baru saja terjadi atau sudah sejak lahir? apakah terdapat gangguan penglihatan anak seperti misal anak terlihat mengernyitkan dahi dan menyipitkan mata ketika melihat suatu benda ? Apakah hanya tidak bisa bergerak maksimal ke kiri ? bagaimana dengan pergerakan mata kiri ke arah atas bawah? apakah bola mata bergerak kesemua arah jika anda meminta anak anda mengikuti pergerakan jari Anda?

Pergerakan bola mata diatur oleh otot-otot mata dan sistem syaraf di batang otak, yaitu nervus III, nervus IV dan nervus VI. Ketiga saraf otak ini relatif panjang dari batang otak menuju orbita (bola mata). Jika terdapat kelainan pada otot atau syaraf tersebut maka akan menyebabkan gangguan pergerakan bola mata. Sulit bagi kami mendiagnosis kelainan pada anak Anda dengan informasi yang sangat terbatas dan tanpa pemeriksaan fisik langsung.

Sebaiknya Anda mengonsultasikan masalah anak Anda dengan dokter spesialis mata untuk pemeriksaan dan terapi lebih lanjut.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

 

14 May 2018, 10:53 WIB