Penanganan Blighted Ovum

Info Penanya, wanita 25 Tahun

Hallo dok.. mau tanya... Kmren kan saya d nyatakan BO dari dokter stlh usg usia kndungan 8w, dan d resepkan obat gastrul dengan dosis 2 x 1 tablt selama 5 hari utk mlunturkan kndmgan. d hari pertama kluar drah seperti mens, bsok nya udh gak, smpe d hri k 4 dan hri ke 5 cma kluar flek kecoklatan sdkt. Trus mlm nya konsul lg k doktr kndungan, d usg mlh bntuk kntung rahim nya udh gk beraturan lg dok, kya bergelombang2 gtu. Trus d resepin lg dr dokter obat gastrul dgn dosis 1/2 tblt d msukin ke vagina dgn durasi setiap 4 jm skali slma 2 hr dan dktr nya bilang klo msal nya kntung rahimnya blum bisa luntur selama 1 mnggu stlnh menggunkn obt gastrul, kepaksa hrus d kuret dok. Di wktu prtama x msukin obt gstrul (maaf yah) selang 10mnit, kluar drah. Setelah yg ke 2,3,4 jg kluar drah, tp berwarna coklat di pembalut. Dan setelah pemakaian yg ke 5, kluar sprti butiran drah & bekuan drah brukuran 5mm berwarna coklat kehitaman. Pertanyaan saya Dok, 1. Apakah butiran & bekuan drh yg brwrna cklat kehitaman mrpkan tanda sedikit demi sdkit lunturnya kntung rahim dok? Dan aborsi yg brhasil itu seperti apa klo d lihat tnpa usg dok? 2. Trus, stlh obt habis, sambil nunggu 1 mnggu untk pemeriksaan usg slnjutnya, boleh gk mengkonsumsi mkanan & mnuman pemicu keguguran untk membersihkan rahim dok, seperti durian, nanas muda, sprite, coca cola, air kelapa? Krna klo ada pilihan lain, saya tdk mau d kuret dok... Terima Kasih Dokter

14 Mei 2018, 22:36 WIB
dr. Rio Aditya
dijawab oleh: dr. Rio Aditya

Sebelumnya mohon maaf atas keterlambatan dalam menjawab pertanyaan ini.Terima kasih telah bertanya seputar blighted ovum melalui fitur tanya dokter

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan, oleh karena itu ijinkan kami menambah wawasan Anda agar kekhawatiran Anda dapat berkurang. Pertama tama perlu Anda ketahui bahwa haid merupakan sebuah proses dimana dinding rahim luruh. Wanita yang sedang haid sudah tentu tidak dapat melangsungkan kehamilan, demikian pula sebaliknya. Nampaknya yang dimaksudkan dengan kantong kehamilan kosong yang Anda khawatirkan adalah "blighted ovum" yang merupakan suatu kelainan dalam kehamilan di mana kantong kehamilan tumbuh tanpa disertai pertumbuhan janin, sehingga hanya kantong kehamilannya yang tumbuh.

Blighted ovum dapat disebabkan oleh pembelahan sel yang tidak sempurna atau kualitas sel telur dan/atau sel sperma yang tidak bagus. Tubuh Ibu akan mengenali kromosom abnormal yang tumbuh dan secara alami akan berusaha untuk menghentikan kehamilan karena janin tidak akan tumbuh menjadi bayi yang normal dan sehat. Sayangnya blighted ovum tidak dapat dicegah, meski demikian, umumnya blighted ovum hanya akan terjadi satu kali pada ibu hamil.

Biasanya diagnosa blighted ovum sudah ditegakkan pada kehamilan trimester 1 dan baru diketahui setelah melakukan pemeriksaan USG trnsvaginal pada kehamilan 6-7 minggu, karena pada saat itu kehamilan sudah agak besar 16 mm sehingga terlihat lebih jelas. Untuk menegakkan diagnosis blighted ovum perlu dilakukan pemeriksaan USG yang berulang untuk benar-benar memastikan bahwa tidak ada pertumbuhan janin di dalam kantong kehamilan, sehingga Dokter Kebidanan Anda tidak sampai salah diagnosis. Apabila setelah di USG transvaginal ulang, kantung kehamilan Anda kosong tidak berisi janin maka Anda akan dianjurkan untuk dilakukan kuret untuk membersihkannya. Adapun kehamilan berikutnya sebaiknya ditunda selama 2-3 siklus menstruasi untuk menyempurnakan proses penyembuhan rahim setelah tindakan kuretase.

Umumnya blighted ovum hanya terjadi sekali. Disarankan untuk menunggu 1-3 siklus menstruasi sebelum mencoba untuk hamil lagi.Untuk siklus haid, biasanya, akan kembali lagi seperti normal. Kami sarankan Anda terus berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan Anda untuk pemeriksaan kontrol dan pemantauan kondisi Anda.

Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar blighted ovum, Semoga bermanfaat.

14 Mei 2018, 22:36 WIB