Flek di Luar Siklus Haid

Info Penanya, wanita 29 Tahun

Saya sdh 3 bukan menikah, haid sy lancar tiap bulan selama 6 hari. Di tgl 22 april saya haid dan berhenti di tgl 26 april. Selang 1 minggu kemudian, di tgl 10 mei pagi sy berhubungan dg suami dn saat ke kamar mandi ad sedikit darah, sedikt nya seperti benang sj dok. Tp sorenya sy flek. Besok nya swperti darah haid tanpa gumpalan dg volume yg lebih banyak. Akhirnya sy ke dokter kandungan dan di usg, kata dokter ada gumpalan darah tp belum diketahui apakah calon janin atau bukan. Kondisi rahim baik2 sj. Oleh dokter disuruh kembali jika darah keluar lewat 10 hari. Nah pertanyaan sy dok 1. Penyebab pendarahan tersebut apa? 2. Apakh perlu dikhawatirkan? 3. Sy sedang promil apakh menggangu? 4. Tips promil nya apa dok? Terima kasih

19 May 2018, 13:41 WIB
dr. Anita Amalia Sari
dijawab oleh: dr. Anita Amalia Sari

Terima kasih telah bertanya seputar Flek di Luar Siklus Haid menggunakan fitur Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran Anda. Gangguan siklus haid dimana keluar bercak darah di luar siklus menstruasi disebut dengan metroragia. Pada wanita usia muda, metroragia memang umumnya disebabkan oleh gangguan hormonal. Penyebab metroragia lainnya diantaranya adalah :

  • Dysfunctional uterine bleeding
  • endometriosis, adenomyosis
  • Kehamilan ektopik
  • Hiperplasia endometrial
  • Polip
  • Penggunaan kontrasepsi
  • Kanker leher rahim
  • Pelvic inflammatory disease

Flek-flek perdarahan juga bisa menjadi pertanda awal kehamilan karena penempelan janin ke dinding rahim, namun ini tanda tidak pasti dan biasanya hanya sedikit saja flek nya dan berlangsung selama 1-2 hari.

Kami sarankan Anda kontrol kembali ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang (USG ) untuk mengetahui ssecara pasti penyebab keluhan yang Anda rasakan dikarenakan sulit bagi kami untuk mendiagnosis Anda dengan keterbatasan yang ada.

Jika Anda ingin cepat hamil maka lakukan hubungan seksual  terutama pada saat masa subur. Masa subur adalah masa dimana telah terjadi ovulasi (pelepasan sel telur matang dari indung telur). Untuk mengetahui kapan masa subur Anda, Anda harus mengetahui berapa rata-rata siklus haid Anda dari 3-6 siklus haid terakhir. Jika siklus menstruasi anda berlangsung teratur selama 28 hari, maka waktu terjadinya ovulasi anda adalah perkiraan Hari Pertama Haid Berikutnya dikurangi 14 hari. Lakukanlah hubungan seksual terutama pada 3 hari sebelum waktu ovulasi hingga 3 hari setelah terjadinya ovulasi. Kemungkinan terjadinya pembuahan akan lebih tinggi jika Anda dan suami melakukan hubungan seksual pada masa-masa itu.   

Disamping itu, yang perlu dilakukan dalam persiapan kehamilan adalah merubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan makan makanan bergizi dan seimbang, asupan vitamin sesuai kebutuhan, istirahat teratur, dan berolahraga. Perlu juga diperhatikan:

  1. Hentikan segala kegiatan yang kurang baik apabila Ibu ingin hamil.
  2. Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol (termasuk suami)
  3. Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas
  4. Menurut The Center for Disease Control (CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio.

Demikian, semoga informasi terkait keluar flek di luar siklus haid ini bermanfaat.

19 May 2018, 13:41 WIB