Buang Air Kecil Berwarna Gelap dan Nyeri Pinggang

Siang dok saya ingin bertanya sudah seminggu ini saya sakit awalnya nyeri di bagian pinggul, namun lama lama bergeser ke arah kiri. waktu awal selalu nyeri namun sekarang sehari hanya sekitar 6-7 kali nyeri terutama saat lama duduk air kencing warnanya juga tidak seperti biasa agak gelap jika pinggul kumat nyerinya bisa sampai kaki tapi hanya bagian kiri saja. saat saya periksa dokter saya bilang infeksi saluran pencernaan, namun di obat yang di berikan kepada saya tertulis untuk ginjal sebenarnya saya kenapa ya dok ? terimakasih selamat siang :)

Lihat Selengkapnya
pria, 18 Tahun19 Mei 2018, 02:26 WIB

dr. Anita Amalia Sari

Dijawab oleh:

dr. Anita Amalia Sari

Terima kasih telah bertanya seputar Buang Air Kecil Berwarna Gelap dan Nyeri Pinggang menggunakan fitur Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran Anda. Keluhan yang Anda sampaikan bisa disebabkan oleh infeksi saluran kencing (ISK) ataupun adanya batu saluran kencing atau batu ginjal. Pada batu di saluran kencing ataupun di ginjal dapat memberikan keluhan tambahan seperti nyeri saat buang air kecil (BAK), atau adanya sensasi seperti pasir keluar saat BAK.

Warna urin sangat dipengaruhi oleh hidrasi, yaitu berapa banyak air yang kita minum. Bila air yang dikonsumsi sedikit maka urin akan pekat, yang membuat perubahan warna menjadi gelap. Cobalah untuk mengonsumsi air putih sebanyak 1-2 L sehari, dan cobalah untuk mengkonsumsi air putih sebelum tidur, coba amati urin Anda di pagi hari.

Kurangnya minum air juga meningkatkan risiko batu saluran kemih ataupun infeksi saluran kemih.

Kami sarankan Anda kontrol kembali ke dokter spesialis penyakit dalam agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik menyeluruh dan pemeriksaan penunjang seperti urinalisis (cek urin).

Semoga bermanfaat.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Buang Air Kecil Berdarah dan Nyeri

Dijawab oleh:dr. Anita Amalia Sari

Mengatasi Infeksi Saluran Kemih

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

Vagina Perih Saat Buang Air Kecil

Dijawab oleh:dr. Dyan Mega Inderawati

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk