Anyang-anyangan dan Benjolan Vagina

Info Penanya, wanita 23 Tahun

dok saya 3 bulan trakhir ini ngalamin anyang-anyangan hampir tiap hari jika sy telat minum saat bangun tdur di pagi hari,,bgtu terus sampe malam walau udh bnyak minum sklipun yang mau saya tanyakan, saat saya anyang2an, sy tidak sengaja memasukan jari telunjuk ke daerah dalam vagina sy karna mnurut sy ada yg menonjol jd di langit2 atas vagina bgian dalam itu, ada benjolan sangat keras dan besarnya hampir menutupin lubang bgian dalam vagina sy tiap anyangan, apa kah ini penyakit serius? mohon solusinya terimakasih

19 May 2018, 14:53 WIB
dr. Astrid Wulan Kusumoastuti
dijawab oleh: dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sebelum menjawab pertanyaan Anda, izinkan kami menginfokan terlebih dahulu bahwa saluran kencing dan vagina adalah dua organ yang berbeda. Urin mengalir keluar dari kandung kemih melewati uretra, bukan vagina. Vagina merupakan bagian dari organ reproduksi.

Anyang-anyangan merupakan salah satu gejala infeksi saluran kemih. Infeksi saluran kemih terjadi karena adanya invasi mikrooganisme pada saluran kemih. Untuk menegakkan diagnosis ISK harus ditemukan bakteri dalam urin melalui biakan atau kultur dengan jumlah yang signifikan yaitu lebih besar dari 100.000/ml urin. Namun, pada pasien dengan simptom ISK, jumlah bakteri dikatakan signifikan jika lebih besar dari 100/ml urin. Apabila benar terdapat infeksi saluran kemih, maka dokter akan memberikan Anda pengobatan dengan antibiotik, serta mengevaluasi penyebab dasarnya untuk mencegah kekambuhan, apakah karena kurang minum, sering menahan kemih, infeksi kemaluan, batu saluran kemih, dsb. Bila penyebab dasarnya tidak diatasi maka keluhan-keluhan tersebut menjadi tidak tuntas dan terus berulang.

Adapun beberapa penyakit yang dapat menyebabkan benjolan pada vagina. Berikut ini beberapa penyakit yang dapat menyebabkan benjolan pada bibir vagina:  

  • Kista Bartholin/abses kelenjar Bartholin. Kista ini berasal dari kelenjar bartholin yang tersumbat. Setiap wanita memiliki sepasang kelenjar bartholin pada bibir vagina. Kelenjar yang tersumbat menyebabkan munculnya benjolan (kista) dan dapat pula terinfeksi sehingga meradang. Bila sudah radang, maka benjolan akan menjadi nyeri, kemerahan, dan hangat. Bila terdapat nanah kemungkinan sudah menjadi abses/bisul.
  • Fibroma: tumor jinak yang berasal dari jaringan ikat pada bibir vagina
  • Lipoma: tumor jinak yang berasal dari jaringan lemak.
  • Sarkoma: tumor ganas yang berasal dari jaringan ikat.
  • Adenocarcinoma Bartholin: tumor ganas dari kelenjar Bartholin  
  • Pembengkakan kelenjar getah bening. Biasanya disebabkan karena ada infeksi, terutama bila timbul keputihan atau gatal pada vagina. 

Untuk mengetahui benjolan itu berbahaya atau tidak, diperlukan pemeriksaan ke dokter. Dari pemeriksaan fisik, Dokter akan dapat menduga benjolan tersebut ganas atau tidak.

Untuk mengetahui penyebab keluhan Anda silakan periksakan diri Anda ke dokter, sehingga pengobatannya pun sesuai.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

19 May 2018, 14:53 WIB