Mengetahui Usia Kehamilan

Info Penanya, wanita 29 Tahun

Dok saya mau tanya, saya sdh telat haid kira-kira 3 mau ke 4 hari dok, Lalu saya melakukan tes kehamilan dan alhamdulillah hasilx positif.. Untuk mengetahui berapa usia kandungan saya bagaimana dok.. Dan bagaimana merawat menjaga usia hamil muda.. Terimakasih

19 May 2018, 17:30 WIB
dr. Andika Widyatama
dijawab oleh: dr. Andika Widyatama

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai Mengetahui Usia Kehamilan.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

 

Proses dari sperma masuk hingga terjadi pembuahan dapat berlangsung dalam waktu 1-3 hari. Dari pembuahan hingga implantasi (tertanamnya bakal janin ke dinding rahim) dapat berlangsung pada sekitar 1 minggu setelah hubungan intim. Kehamilan dapat terdeteksi melalui pemeriksaan air seni (test pack) pada sekitar 1 bulan sesudah hubungan intim (pada jadwal haid berikutnya, apabila tidak mendapat haid).

Saat ini untuk menghitung usia kehamilan lazimnya menggunakan 2 cara, yaitu:

Perhitungan HPHT

melalui perhitungan manual dengan hari pertama haid terakhir (HPHT) dan perhitungan melalui Pemeriksaan USG janin. Perhitungan melalui HPHT hanya dapat dipercaya apabila siklus menstruasi Anda teratur dalam 6 siklus terakhir. Apakah siklus haid And teratur?

Pemeriksaan USG

metode perkiraan usia kehamilan dengan perhitungan hari pertama haid terakhir tidak terlalu dapat diandalkan akurasinya dibandingkan dengan perhitungan dengan pemeriksaan ultrasonografi (USG). Karena itu, dalam hal ini, hasil perkiraan usia kehamilan dengan USG lebih dapat dipercaya.

Pada saat awal kehamilan, yang terpenting adalh nutrisi setiap harinya, wanita hamil sebaiknya mengonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang. Dengan kata lain seimbang antar semua kandungan nutrisi seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Berikut vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil:  
  • Asam folat , zat vitamin yang dapat ditemukan pada sayuran berdaun hijau, sereal, buah-buahan seperti jeruk, anggur, dan buahan sitrus lainnya. Dosis yang dianjurkan adalah 400 mikrogram perhari
  • Zinc, berfungsi untuk membantu mempertahankan fungsi tubuh normal seperti penyembuhan luka, mineralisasi tulang, pertumbuhan jaringan, dan fungsi tiroid. Terdapat pada daging, makanan laut, kacang-kacangan, dan produk susu
  • Kalsium, membantu pertumbuhan tulang dan gigi janin. Mudah ditemukan pada produk susu
  • Zat besi, untuk membantu pembentukan sel darah merah. Banyak terkandung dalam daging, ikan, telur, produk whole-grain, dan sayur mayor
  • Vitamin C, sebagai antioksidan dan mecegah ibu hamil agar tidak terserang flu di masa kehamilan

Selain itu, karena rasa mual dan sering muntah dialami pada masa awal kehamilan, Anda dapat menambahkan frekuensi makan dengan pola menyisipkan 3 porsi makan kecil di sela-sela 3 porsi makan besar. 

Jangan konsumsi obat tanpa petunjuk Dokter, dan tetaplah beraktivitas olahraga kendati durasi dan jenis gerakan harus diperhatikan. Dan selalu rutin melakukan Antenatal Care ke dokter Anda.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Mengetahui Usia Kehamilan. Semoga bermanfaat.

Salam,

19 May 2018, 17:30 WIB