Pentingnya Instruksi Pasca Cabut Gigi Dan Perdarahan

Info Penanya, pria 56 Tahun

Saya cabut gigi,tapi sudah 4 jam darsh nya terus keluar,di awal saya memang sudah salah karena terus berkumur dan berludah.dan sekarang darah nya terus keluar.Mohon bantuannya dok.terima kasih

20 May 2018, 14:02 WIB
drg. Callista Argentina
dijawab oleh: drg. Callista Argentina

Terimakasih telah bertanya seputar pentingnya instruksi pasca cabut gigi dan perdarahan melalui fitur Tanya Dokter.

Memang setelah pencabutan gigi, pasien tidak boleh banyak berkumur atau melakukan gerakan menyedot/menghisap seperti meludah, atau merokok karena dapat merusak bekuan darah yang terbentuk di dalam soket bekas pencabutan untuk menutup bekas luka. 

Perdarahan pada luka pencabutan gigi disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor lokal dan faktor sistemik.

- Faktor lokal

Faktor lokal merupakan penyebab umum terjadinya perdarahan setelah pencabutan gigi. Luka pencabutan yang berlebihan dapat menyebabkan terjadinya perdarahan, dan ketidakpatuhan pasien pada instruksi dokter gigi setelah pencabutan juga sebagai faktor pemicu. Pasien tidak diperbolehkan berkumur secara berlebihan, pasien tidak boleh menekan-nekan luka atau area pencabutan dengan lidah dan pasien juga harus menghindari menghisap-hisap luka pencabutan agar tidak terjadi perdarahan.

- Faktor Sistemik

Perdarahan ini terjadi pada pasien yang memiliki kelainan sistemik atau penyakit tertentu yang beresiko perdarahan. Penyakit tersebut meliputi diabetes mellitus, pasien yang mengkonsumsi agen nonsteroidal, penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi, pasien dengan kelainan hemoragik yaitu seperti kelainan pembekuan darah dan hemofili, pasien penderita sirosis hati dan penyakit hati, penyakit kardiovaskular dan pada pasien yang sedang terapi minum obat antikoagulan.

Hal yang dapat Anda lakukan dirumah bila terjadi perdarahan 12-24 jam paska pencabutan adalah dengan menekan luka pencabutan menggunakan kasa pada bagian atasnya (oklusal). Bila terjadi perdarahan yang banyak dalam rentang waktu 24 jam paska pencabutan maka bawalah segera pasien ke dokter gigi atau ugd rumah sakit. Untuk meredakan nyeri giginya anda dapat beli obat pereda nyeri di apotik yang mengandung asama mefenamat atau methampiron atau paracetamol. Bisa juga karena gusi anda sekarang sedang dalam masa pemulihan maka masih terdapat rasa nyeri. Tetapi jika keluhan nyeri berlanjut dan dirasa semakin bertambah juga perdarahan masih ada lebih dari 2x 24 jam sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter gigi untuk mengetahui penyebab keluhan yang anda rasakan.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai pentingnya instruksi pasca cabut gigi dan perdarahan, semoga bermanfaat.

20 May 2018, 14:02 WIB