Mengatasi Bekas Luka Gigitan Serangga

Dok, saya mau bertanya, kan 2 minggu yg lalu saya di sengat tawon di kaki, trus sempet bengkak, tp udah kempes sih, trus yang bekas sengatannya itu ps awlnya kaya luka gt, trus mngembang gt kaya ada cairanya, trus udah kempes, lukanya kecil sih, trus seminggu kemudian hmpir kering gt, trus tadi saya iseng kupas gt trus, bekasnya kaya cekung kedalem gitu kaya belubang gt, trus gmn dong dok? Biar Rata lagi?

Lihat Selengkapnya
wanita, 19 Tahun20 Mei 2018, 05:58 WIB

dr. Alvin Nursalim, SpPD

Dijawab oleh:

dr. Alvin Nursalim, SpPD

Terima kasih telah bertanya mengenai mengatasi bekas gigitan serangga menggunakan fitur Tanya Dokter.

Masing-masing jenis bekas luka memerlukan penanganan yang berbeda-beda. Dasar penanganan bekas luka yang menghitam biasanya menggunakan krim, pengelupasan kulit/chemical peeling, mikrodermabrasi ataupun laser. Beberapa cara tersebut diharapkan dapat menyamarkan, menipiskan, bahkan menghilangkan bekas luka.

Bila bekas luka masih baru dan tidak terlalu dalam, Anda dapat mengoleskan krim mengandung hidrokuinon 2% pada bekas gigitan serangga di kulit anak Anda. Krim hidrokuinon 2% termasuk dalam dosis yang aman, dan penggunaannya harus tepat hanya pada bekas luka saja dan aplikasikan pada malam hari. Yang diperlukan saat ini adalah menjaga kebersihan, dan perlu diusahakan agar daerah tidak mudah bergesekan (tidak menggunakan pakaian yang terlalu ketat). Sedangkan untuk penanganan medis, terdapat beberapa pilihan, sesuai dengan ukuran dari hiperpigmentasi dan lamanya bekas luka Anda sudah terjadi.

Bekas hitam bekas gigitan nyamuk memang dapat mengganggu estetika dari kulit anak Anda. Anda tidak perlu khawatir, karena bekas luka umumnya akan menghilang secara perlahan. Pengolesan steroid tertentu sebanyak satu kali pada malam hari dapat membantu menghilangkan bekas luka. Namun yang terpenting adalah menjaga kesehatan kulit anak Anda agar selalu dalam keadaan sehat, seperti dengan:

1. Pilih sabun mandi yang mengandung banyak moisturizer dengan sedikit busa

2. Gunakan pelembab bila perlu

3. Hindari penggunaan sabun mandi yang mengandung antiseptik karena akan membuat kulit semakin kering

4. Jagalah daerah yang gatal dari garukan atau gesekan

5. Biasakan untuk menggunakan pakaian yang dapat menutupi lengan dan tungkainya

Untuk mengatasi gatal akibat gigitan nyamuk yang terbaik dilakukan adalah sama sekali menghindari gigitan nyamuk, dengan menggunakan lotion anti nyamuk atau obat anti serangga. 

Bila rasa gatal tersebut bertahan, Anda dapat memberikan kompres hangat yang terfokus pada area gigitan tersebut, misalnya dengan menggunakan sendok logam yang direndam air hangat kemudian segera ditempelkan pada kulit Anda. Selain itu bedak antigatal juga bisa digunakan. Sedangkan obat-obatan hanya dianjurkan bila gatal terasa amat hebat hingga mengganggu.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai mengatasi bekas gigitan serangga, semoga bermanfaat. 

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Menghilangkan Bekas Luka

Dijawab oleh:dr. Rio Aditya

Bekas Luka Kaki

Dijawab oleh:dr. Alvin Nursalim, SpPD

Bekas Luka Kuku di Wajah

Dijawab oleh:dr. Reza Fahlevi

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk