Gigi Bungsu Baru Tumbuh Apa Yang Harus Dilakukan

Info Penanya, pria 18 Tahun

Salam dokter, saya nk tnya knp gigi bongsu tumbuh bila dh berusia 18 thn ke atas? Saya ada gigi bongsu yg baru tumbuh tp saya taktahu samada nk buang ke tak...saya nk tnya pendapat dokter, elok buang ke biar je gigi bongsu niūüėĆ

21 May 2018, 23:08 WIB
drg. Callista Argentina
dijawab oleh: drg. Callista Argentina

Terimakasih telah bertanya seputar gigi bungsu baru tumbuh apa yang harus dilakukan melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Gigi bungsu biasanya tumbuh pada usia 17-21 tahun. Pada banyak kasus gigi geraham bungsu memang tumbuh bermasalah atau impaksi. Hingga saat ini masih terdapat perdebatan di antara para ahli, apakah gigi molar tiga yang impaksi (gigi geraham bungsu yang tidak dapat tumbuh secara normal) tanpa keluhan seperti pada kasus Anda perlu dicabut atau dibiarkan saja. Menurut suatu penelitian, sekitar 25-70 persen gigi molar tiga tanpa gejala yang dipertahankan, akhirnya tetap harus dicabut dikemudian hari. Dari penelitian lain menyatakan gigi molar tiga yang dicabut tidak akan menimbulkan masalah dan pasien akan tetap memiliki fungsi pengunyahan yang normal.

Walaupun persentase kejadiannya rendah, kista atau tumor dapat tumbuh di sekitar gigi molar tiga yang terbenam dalam gusi dan tulang yang tidak diambil. Oleh karena itu pertimbangan pencabutan gigi molar tiga yang tidak disertai gejala apapun terkadang didasarkan atas pertimbangan pencegahan. Meski demikian operasi pencegahan ini belum menjadi kesepakatan secara umum di kalangan ahli bedah mulut. Pencabutan gigi geraham bungsu yang mengalami impaksi ini adalah merupakan kompetensi dokter gigi bedah mulut dalam menanganinya. 

Perlunya gigi geraham bungsu yang mengalami gangguan pertumbuhan untuk dicabut meliputi beberapa alasan, yakni:

- Kebersihannya sulit dijaga sehingga akan mudah sekali terjadi karies atau lubang gigi dan infeksi. Hal ini disebabkan karena gigi tersebut terletak jauh dibelakang dan ruang tempat gigi tersebut sempit sehingga terkadang tidak terjangkau oleh sikat gigi, terlebih jika menggunakan sikat gigi dengan ujung kepala yang besar.

- Membahayakan kesehatan gigi geraham sebelahnya, yaitu gigi molar dua, karena biasanya posisi gigi geraham bungsu ini mendorong gigi molar dua. Terkadang, posisi yang tidak benar dari gigi geraham bungsu yang menghimpit gigi molar dua akan menyebabkan terjebaknya sisa makan yang sulit dibersihkan sehingga menimbulkan risiko gigi molar dua yang berlubang.

- Gigi geraham bungsu yang mengalami gangguan pertumbuhan rentan untuk mengalami penyakit gusi karena bakteri. Bakteri ini dapat membahayakan kesehatan rongga mulut dan kesehatan tubuh.

- Gangguan pertumbuhan pada gigi geraham bungsu dapat disertai kista atau tumor yang dapat merusak tulang rahang dan saraf.

- Dapat mengganggu dalam proses perawatan orthodontik atau kawat gigi

Bila Anda mengalami gangguan pertumbuhan gigi geraham bungsu, baik dengan keluhan atau tidak, maka tidak ada salahnya untuk dikonsultasikan langsung dengan dokter gigi atau dokter gigi spesialis bedah mulut untuk menghindari risiko yang mungkin terjadi.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai gigi bungsu baru tumbuh apa yang harus dilakukan, semoga bermanfaat.

 

21 May 2018, 23:08 WIB