Payudara Terasa Sakit Saat Haid

Saya baru menikah bulan april lalu, hri trakhir haid saya tgl 4 mei dengan siklus 35 hari, haid saya berikutnya adalah 2 juni. Namun tgl 14 ini payudara saya terasa seperti membengkak n nyeri (seperti PMS saya, biasanya terjadi seminggu sebelum haid) tidak ada tanda2 lain yg saya rasakan dok, kira2 ap yg menyebabkan payudara saya nyeri jauh sebelum saya haid?

Lihat Selengkapnya
wanita, 24 Tahun22 Mei 2018, 03:22 WIB

dr. Sepriani Timurtini Limbong

Dijawab oleh:

dr. Sepriani Timurtini Limbong

Terima kasih telah bertanya tentang nyeri payudara saat haid melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini. Keluhan Anda adalah nyeri di payudara saat haid. Rasa 'nyut-nyutan' atau nyeri pada payudara disebut dengan mastalgia, dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari peradangan payudara, trauma, tumor, dan akibat menstruasi. Peradangan pada payudara biasanya ditandai oleh warna kemerahan pada payudara, sakit saat disentuh. Trauma disebabkan oleh benturan yang mengenai payudara. Tumor ditandai oleh benjolan pada payudara, yang sebenarnya jarang menimbulkan keluhan nyeri pada awal dari perjalanan penyakit.

Berhubung Anda hanya merasakan nyeri saat siklus haid dan tidak menyampaikan adanya keluhan payudara lain, bisa jadi hal ini berkaitan dengan menstruasi. Menstruasi sendiri dapat menyebabkan keluhan nyeri pada payudara. Biasanya wanita pernah mengalami nyeri pada payudara saat periode haid sebelumnya. Nyeri biasanya terjadi pada kedua payudara, dan menghilang setelah haid selesai.

Sebaiknya dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung untuk memastikan diagnosis penyakit Anda. Jadi kami sarankan agar berkonsultasi ke dokter untuk pemeriksaan dan terapi lebih lanjut. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai nyeri payudara saat haid. Semoga bermanfaat. Salam.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Nyeri Perut Saat Haid

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

Haid Memanjang

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

Keluar Darah Di Luar Siklus Haid

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

Nyeri Perut Saat Haid

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

Nyeri Saat Haid

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk