Sering Cantengan 22 Mei 2018 - Tanya Dokter Klikdokter.com
search

Sering Cantengan

Dok, saya yenni mau menanyakan masalah cantengan. Jadi adik saya itu pernah mengalami cantengan di jempol kaki sudah kurang lebih 2 tahun, sekarang cantengannya mulai menjadi daging dan bernanah dok. Itu apakah bisa sembuh tidak melalui operasi?

Lihat Selengkapnya
wanita, 20 Tahun22 Mei 2018, 03:22 WIB

dr. Sepriani Timurtini Limbong

Dijawab oleh:

dr. Sepriani Timurtini Limbong

Terima kasih telah bertanya tentang mengatasi cantengan melalui fitur Tanya Dokter.

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

Bila Anda mengalami cantengan (paronikia) maka terdapat beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menunjang penyembuhan dan mencegah kekambuhan:

Merendam kuku dalam air hangat 3-4 kali sehari selama 5-10 menit, sampai gejala menghilang. Jangan lupa untuk mengeringkan kuku setelah merendamnya.Memastikan agar daerah kuku dan sekitarnya selalu kering dan bersih.Jangan menggunakan produk-produk yang dapat mengiritasi (sabun dengan parfum, cat kuku, pembersih cat kuku).Hindari terjadinya trauma (tersandung batu/meja).Hindari manipulasi pada daerah kuku dan sekitarnya (manikur, menggunting sendiri daerah yang infeksi).Jika cantengan Anda tidak membaik juga dalam beberapa hari dan infeksi semakin parah, maka sebaiknya Anda mengunjungi dokter. Dokter mungkin perlu melakukan pemeriksaan untuk mengetahui apakah ada penyebab lain seperti jamur atau alergi.

Pembedahan kuku untuk mengangkat kuku yang rusak dan terinfeksi serta pengeluaran nanah juga mungkin diperlukan jika infeksi yang terjadi cukup parah. Anda tidak perlu kuatir mengenai pembedahan kuku, karena tindakan ini diperlukan agar infeksi tidak meluas dan menyebar. Jika kuku Anda diangkat maka kuku biasanya akan tumbuh kembali dalam kurun waktu 6 bulan.

Dokter juga akan memberikan salep dan obat minum untuk membantu mengatasi infeksi pada cantengan tersebut.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Tumbuh Daging di Kuku

Dijawab oleh:dr. Ellen Theodora

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat