Perut Keras dan Nyeri Saat Hamil

Info Penanya, pria 27 Tahun

Dok sy hamil 5 bln lbh tp perut saya selalu mengeras di bsgian atas. Ap ada mslh dgn kndungan sy?

22 May 2018, 15:22 WIB
dr. Sepriani Timurtini Limbong
dijawab oleh: dr. Sepriani Timurtini Limbong

Terima kasih telah bertanya tentang perut keras saat hamil melalui fitur Tanya Dokter.

Perut keras saat hamil dapat terjadi karena adanya kontraksi pada rahim. Ada 2 jenis kontraksi yang dapat terjadi pada masa kehamilan, false labour yang disebut dengan kontraksi Braxton Hicks dan true labour yang terasa ketika mendekati persalinan.

Bagaimana membedakan keduanya? Tentunya dengan mengenali karakteristik dari tiap jenis kontraksi. Pada Braxton Hicks, kontraksi terasa hilang timbul, jarak antara dua kontraksi tidak menjadi semakin dekat, tidak meningkat bila berjalan, tidak memanjang, dan tidak semakin menguat. Kontraksi ini umumnya mulai terasa saat trimester ke-2 (minggu 13 s/d 25 kehamilan) dan semakin sering pada trimester ke-3 (minggu ke-26 s/d 40 kehamilan). Kontraksi ini seringkali membuat ibu hamil merasa bahwa persalinan segera dimulai. Namun, sesuai namanya false labour,vkontraksi ini bukanlah kontraksi yang dirasa saat mendekati persalinan.

Sedangkan pada true labour, kontraksi terjadi dalam interval yang teratur, berlangsung hingga 30-70 detik, dan jarak antar dua kontraksi semakin dekat. Kontraksi juga terus berlangsung tidak berhenti meskipun merubah posisi, semakin menguat, dan awalnya terasa pada bagian punggung kemudian menjalar ke arah perut. Apabila keluhan sangat mengganggu, kami sarankan untuk berkonsultasi langsung ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan.

Demikian informasi tentang perut keras saat hamil ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

22 May 2018, 15:22 WIB