Berhubungan Seksual Saat Hamil

Info Penanya, wanita 20 Tahun

Dokter apa efek samping nya pemeriksaan hb setiap hari pada ibu hamilhamil?

22 May 2018, 16:20 WIB
dr. Andika Widyatama
dijawab oleh: dr. Andika Widyatama

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai Berhubungan Seksual Saat Hamil.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

 

Sebenarnya, jika kondisi kehamilan Anda sehat, tidak masalah untuk berhubungan seksual (dengan ejakulasi di dalam) saat hamil pada usia kehamilan berapapun.

Namun perlu Anda waspadai dan perhatikan hal-hal berikut ini. Asalkan tidak ada keluhan saat kehamilan seperti flek perdarahan, cairan ketuban merembes, rahim kontraksi terus menerus, dan riwayat keguguran berulang maka berhubungan saat hamil diperbolehkan.

Sperma yang dikeluarkan saat ejakulasi memang mampu menimbulkan terjadinya kontraksi rahim.

Berhubungan saat hamil juga berisiko menimbulkan terjadinya perdarahan pasca senggama. Bagaimana dengan Anda? Apakah juga terdapat perdarahan atau flek setelah berhubungan?

Namun, jika kondisi kehamilan Anda sehat, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Janin sebenarnya tidak akan terpengaruh karena dilindungi oleh plasenta, dan kontraksi rahim yang timbul saat orgasme tidak cukup kuat untuk mencetuskan persalinan.

Posisi yang dianjurkan adalah posisi wanita di atas terutama pada kehamilan di trimester ketiga. Pada usia kehamilan cukup bulan (37-42 minggu) dimana kepala janin sudah memasuki rongga panggul, tidak dianjurkan untuk melakukan hubungan seksual karena dikhawatirkan dapat menyebabkan perdarahan atau persalinan dini.

Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda mengenai keluhan ini.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Berhubungan Seksual Saat Hamil. Semoga bermanfaat.

Salam,

22 May 2018, 16:20 WIB