Benjolan Di Penis

Info Penanya, pria 18 Tahun

Saya ari umur saya 18 tahun dok saya mau tanya belakangan ini saya khawatir dengan benjolan di penis saya. Karena benjolan ini warnanya sedikit gelap dan sedikit kemerah-merahan berbeda dengan PPP dan agak sakit ketika ditekan. Apakah ini semacam kutil kelamin atau semacamnya, mohon dijawab ya dok

22 May 2018, 16:31 WIB
dr. Andika Widyatama
dijawab oleh: dr. Andika Widyatama

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai Benjolan Di Penis.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

 

Benjolan pada penis dapat terjadi disebabkan oleh berbagai hal seperti infeksi (misalnya akibat hubungan seksual yaitu penyakit menular seksual), kutil, moluskum, kista, pembesaran kelenjar getah bening penis, pembesaran pembuluh darah vena, ataupun yang berat seperti tumor (jinak/ganas).

Jika disebabkan oleh infeksi umumnya disertai oleh keluhan lain seperti rasa nyeri dan gatal. Selain itu, gambarannya biasanya menandakan adanya peradangan seperti warna kemerahan, lepuh, atau berupa tukak/luka. Bila disekitar rambut kemaluan bisa saja disebabkan oleh penyumbatan atau infeksi saluran rambut.

Perlu juga diketahui apakah terdapat pembesaran kelenjar getah bening di sekitar kemaluan, apakah terdapat gangguan seperti nyeri ketika berkemih, dan sebagainya.

Untuk memastikan tentunya Anda harus memeriksakan alat kelamin Anda pada dokter spesialis kulit dan kelamin. 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Benjolan Di Penis. Semoga bermanfaat.

Salam,

22 May 2018, 16:31 WIB