Benjolan di Vagina

Info Penanya, wanita 22 Tahun

dok, sya ingin brtanya sudah 2 hari ini ada benjolan sebesar biji jagung didekat kemaluan tepatnya di labios mayores disekitar bulu"nya, tapi tidak sakit dan untuk sekarang tidak menganggu aktivitas, kira" itu apa ya dok? apakah berbahaya? dan bagaimana pengobatannya? info saya wanita 22thn sdh mnikah hampir setahun, thanks

23 May 2018, 13:54 WIB
dr. Ellen Theodora
dijawab oleh: dr. Ellen Theodora

Terima kasih telah bertanya seputar benjolan pada vagina melalui fitur tanya dokter.

Ada beberapa penyakit yang dapat menyebabkan benjolan pada vagina. Berikut ini beberapa penyakit yang dapat menyebabkan benjolan pada bibir vagina:

Kista Bartholin/abses kelenjar Bartholin. Kista ini berasal dari kelenjar bartholin yang tersumbat. Setiap wanita memiliki sepasang kelenjar bartholin pada bibir vagina. Kelenjar yang tersumbat menyebabkan munculnya benjolan (kista) dan dapat pula terinfeksi sehingga meradang. Bila sudah radang, maka benjolan akan menjadi nyeri, kemerahan, dan hangat. Bila terdapat nanah kemungkinan sudah menjadi abses/bisul.Fibroma: tumor jinak yang berasal dari jaringan ikat pada bibir vaginaLipoma: tumor jinak yang berasal dari jaringan lemak.Sarkoma: tumor ganas yang berasal dari jaringan ikat.Adenocarcinoma Bartholin: tumor ganas dari kelenjar BartholinPembengkakan kelenjar getah bening. Biasanya disebabkan karena ada infeksi, terutama bila timbul keputihan atau gatal pada vagina.Untuk memastikan penyebab keluhan yang Anda alami, diperlukan pemeriksaan fisik langsung. Oleh karena itu, kami sarankan agar Anda mengunjungi dokter kulit kelamin untuk tatalaksana selanjutnya. Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai benjolan vagina. Semoga bermanfaat.

 

23 May 2018, 13:54 WIB