Anak Batuk Tidak Kunjung Sembuh

Info Penanya, wanita 25 Tahun

Dok saya mau tanya. Ko anak saya batuknya tak kunjung sembuh yah. Sudah 3 Minggu batunya tak kunjung sembuh. Setiap batuk sampe lama batuknya dan menimbulkan muntah2

24 May 2018, 14:02 WIB
dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons
dijawab oleh: dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Terima kasih telah menggunakan fitur e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Batuk merupakan gejala penyakit yang sering dialami oleh anak-anak yang sering membuat para orang tua khawatir jika terjadi berkepanjangan. Batuk dan pilek pada anak dapat disebabkan oleh beberapa penyebab seperti infeksi virus, infeksi bakteri dan alergi. Batuk dan pilek yang terjadi pada anak Anda dapat berkaitan ataupun tidak namun besar kemungkinan ada keterkaitan keduanya.

Beberapa penyakit yang dapat dipikirkan yang mungkin berkaitan dengan kondisi anak Anda adalah alergi, infeksi saluran nafas seperti bronchitis dan infeksi paru. Pada kasus alergi, batuk-pilek memang kerap terjadi berulang dan bersamaan apabila anak terpapar oleh bahan-bahan allergen dan sifat keluhan adalah hilang timbul sesuat waktu paparan. Seringkali timbul malam dan pagi hari. Sedangkan pada penyakit bronchitis, biasanya batuk disertai dengan keluhan demam dan sulit bernapas, namun biasanya gejala berlangsung 5-10 hari dan membaik dalam 10-14 hari. Berbeda dengan alergi dan bronchitis, pada infeksi paru biasanya menimbulkan manifestasi yang beragam mulai dari ringan hingga berat dan keluhan yang timbul biasanya bersifat progresif seperti pada penyakit tuberculosis paru. Namun karena keterbatasan data yang ada kami tidak dapat memastikan penyebab pasti dari batuk dan pilek berulang yang anak Anda alami.

Untuk mencegah agar anak Anda tidak sering terkena batuk dan pilek masa sering-seringlah mencuci tangan sebelum menggendong ataupun berkontak dengan anak, hindari anak berkontak dengan penderita flu, jaga kebersihan rumah, jaga lingkungan agar tetap lembab, hindari faktor-faktor pencetus yang dicurigai dapat menyebabkan alergi pada anak seperti AC yang terlalu dingin, jaga kebersihan karpet, bantal ataupun boneka yang berbulu atau hindarkan dari jangkauan anak, serta hindarkan anak dari paparan debu, asap rokok maupun asap kendaraan bermotor. Selain itu, hal yang tidak kalah pentingnya adalah meningkatkan daya tahan tubuh anak dengan cara memberikan makanan bergizi, tidak mengkonsumsi es dan menjaga kebersihan anak dan lingkungan tempatnya bermain.

Apabila keluhan anak Anda tidak kunjung membaik dan bertambah berat hingga anak menjadi sesak nafas, lendir hidung menjadi kehijauan dan anak demam tinggi kami, atau berat badan anak semakin turun, kami sarankan Anda untuk mengkonsultasikan kondisi anak Anda ke dokter spesialis anak untuk dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti rontgen guna memberikan terapi yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

24 May 2018, 14:02 WIB