Mata Merah Saat Memakai Lensa Kontak 28 Mei 2018 - Tanya Dokter Klikdokter.com
search

Mata Merah Saat Memakai Lensa Kontak

Dok saya pemakai lensa kontak sudah beberapa tahun, sudah bbrapa minggu ini mata kiri saya selalu merah jika memakai lensa kontak, hingga menyebabkan sakit kepala jika tidak cepat dilepas. Untuk sementara saya stop memakai lensa tetapi ketika dipakai lagi dalam beberapa jam mata kiri saya merah kembali. Bagaimana ya dok?

Lihat Selengkapnya
wanita, 22 Tahun28 Mei 2018, 09:49 WIB

dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Dijawab oleh:

dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Terima kasih telah menggunakan layanan Tanya Dokter di KlikDokter.com tentang Mata Merah Setelah Penggunaan Softlens.

Pemakaian softlens dapat membuat mata menjadi kering. Dalam kondisi mata kering, umumnya mata akan berkedip guna melembabkan dan menghasilkan air mata untuk menjaga kelembaban mata. Kemungkinan kondisi yang Anda alami diakibatkan oleh mata yang cepat kering (dapat karena lama berada di ruangan ber-AC) sehingga mata menjadi perih dan merah.

Kami sarankan untuk meneteskan cairan pelembab khusus untuk softlens secara rutin guna mencegah kekeringan pada mata. Hindarilah ruang ber-AC terlalu lama dan pakailah kacamata pelindung apabila berjalan di luar ruangan (outdoor). Satu lagi, pilihlah softlens dengan kadar air yang tinggi (50-55%).

Namun jika mata merah dan perih tersebut disertai dengan penglihatan yang kabur dan banyak terdapat kotoran mata, kemungkinan bisa juga diakibatkan oleh infeksi. Hal tersebut dapat disebabkan karena penanganan softlens yang kurang bersih, atau terlalu lama memakai softlens dalam sehari. Jika keluhan semakin berat, kami sarankan Anda berkonsultasi kepada dokter mata.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Bengkak dan Nyeri di Mata

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

Mata Perih Setelah Pakai Softlens

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

Mata Merah Pada Anak

Dijawab oleh:dr. Ellen Theodora

Mata Merah dan Gatal

Dijawab oleh:dr. Reza Fahlevi

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat