Flek Coklat Setelah Berhubungan

Info Penanya, wanita 25 Tahun

Dok apakah flek cokelat yang muncul setelah 3 hari berhubungan itu adalah tanda awal kehamilan atau awal akan menstruasi? Soalnya menurut artikel yang saya baca flek implantansi terjadi 6-12 hari stelah berhubungan

30 May 2018, 20:20 WIB
dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons
dijawab oleh: dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Terimakasih sudah bertanya seputar Implantasi di fitur Tanya Dokter di Klikdokter

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Apakah keluhan keluar darah hanya setelah berhubungan? Apakah darah hanya keluar sesaat atau terus menerus hingga beberapa hari? Apakah ada keluhan lain yang dirasakan?

Munculnya flek setelah berhubungan bisa saja berkaitan dengan beberapa hal atau postcoital bleeding dapat terjadi karena beberapa alasan. Perdarahan pasca berhubungan seksual paling sering terjadi karena adanya erosi di vagina dikarenakan baru pertama kali berhubungan atau berhubungan seksual belum terlalu sering sehingga vagina masih sempit, akibatnya penetrasi (penis masuk ke vagina), terutama bila wanita masih belum penuh terangsang dapat menyebabkan gesekan yang mengakibatkan luka atau lecet. Kemungkinan bisa saja berkaitan dengan infeksi, namun biasanya disertai dengan tanda lain seperti adanya gatal, keputihan, ataupun nyeri perut. 

Apabila perdarahan yang timbul hanya sedikit dan tidak berlanjut, Anda tidak perlu merasa khawatir karena mungkin perdarahan tersebut timbul akibat robekan pada vagina (misal karena kekeringan, kondom, gesekan kuat, kuku jari, dsb). 

Benar seperti yang Anda baca, pada saat terjadinya implantasi bisa saja menimbulkan gejala munculnya flek. Kondisi ini terjadi biasanya satu minggu sejak pembuahan terjadi, kemudian akan berhenti dengan sendirinya. Untuk memastikan anda hamil atau tidak, dapat dilakukan pemeriksaan testpack. Kehamilan dapat diperiksa dengan test pack 1 hari setelah haid terlambat, meskipun terkadang masih mungkin belum dapat terdeteksi karena kadar hormon kehamilan yang diperiksakan masih rendah. Bila hasilnya agak meragukan (belum terdeteksi), test pack dapat Anda ulang minggu depan atau 2 minggu lagi, bila haid tidak juga datang. Bila memang negatif, berarti kemungkinan besar tidak ada kehamilan.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat

30 May 2018, 20:20 WIB