Mengeluarkan Air Mani Saat Tidur

Info Penanya, pria 25 Tahun

Selamat pagi Dok, saya mau Tanya. Saya lelaki single Dan belum menikah. Dalam bulan puasa ini, saya sudah 3x keluar Mani Tanpa sengaja saat tidur tanpa Tampa bermimpi basah(seks) Dan saya tidak pernah masturbasi., Apakah itu normal stay Ada sesuatu Berapakah normal nya lelaki lajang mengeluarkan sperma nya dlm sebulan.,

30 May 2018, 20:39 WIB
dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons
dijawab oleh: dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Terima kasih telah bertanya menggunakan fitur e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Mimpi basah adalah orgasme dan/atau ejakulasi sperma di waktu tidur dan hanya dialami oleh laki-laki. Mimpi basah sering dialami oleh remaja laki-laki, yang sekaligus menjadi tanda bahwa ia telah memasuki masa pubertas. Hal ini bisa berupa mimpi yang erotis atau tidak, tergantung dari yang mengalami mimpi itu sendiri. 

Mimpi basah umumnya sedang aktif saat memasuki masa pubertas atau pradewasa. Hal ini tidak perlu anda khawatirkan karena mimpi basah adalah normal terjadi. Pada usia pubertas, 2/3 laki-laki akan mengalami mimpi basah. Mimpi basah sendiri adalah suatu fenomena kedewasaan laki-laki.

Mimpi basah berfungsi sebagai katup pengaman fisiologis ketegangan seksual. Hal tersebut dicetuskan karena mimpi basah tejadi pada sebagian besar laki-laki lajang; setelah seorang laki-laki menikah (dan mungkin menemukan saluran yang tetap dan memuaskan bagi hasrat badaninya) mimpi basah tersebut biasanya berhenti.

Frekuensi mimpi basah bervariasi pada tiap individu, bahkan tidak jarang yang "sering" mengalaminya seperti Anda dan tidak perlu dikhawatirkan. Akan tetapi, secara bertahap akan berkurang frekuensinya pada saat seorang laki-laki berusia dua puluh tahunan dan hanya kadang-kadang saja terjadi pada usia tiga puluhan dan hampir tidak terjadi lagi pada usia empat puluhan. Yang anda perlu lakukan adalah mencoba menyalurkan tenaga dan pikiran anda ke hal lain yang positif (contohnya adalah olahraga) agar tidak terlalu sering mengalami mimpi basah.

Jika pengeluaran sperma terjadi secara tiba-tiba tanpa adanya suatu rangsangan seksual apapun, mungkin saja hal tersebut merupakan gejala dari kebocoran katup sperma/air mani atau yang juga dikenal dengan istilah spermatorrhea. Spermatorrhea adalah suatu kondisi terjadinya ejakulasi secara tidak sengaja(tanpa adanya rangsangan seksual) dan  atau berlebihan yang dikenal dalam kedokteran timur. Gejalanya adalah terjadinya ejakulasi yang tiba-tiba dengan frekuensi yang sering dan/atau ejakulasi dengan jumlah yang lebih banyak daripada normal. Hingga kini, berdasarkan ilmu kedokteran, penyebabnya sangat luas dan perlu dilakukan pemeriksaan dan evaluasi lengkap untuk mengetahui apakah terdapat keterlibatan organ fisik dan/atau psikis.

Penanganan Spermatorrhea dapat dilakukan dengan:

  • Mengurangi frekuensi masturbasi
  • Perubahan gaya hidup: olahraga eratur, pola makan sehat, menghindari alkohol dan obat-obatan terlarang
  • Mengosongkan kandung kemih sebelum tidur
  • Jika keluhan dirasakan semakin mengganggu, kami sarankan Anda berkonsultasi ke dokter spesialis Andrologi untuk pemeriksaan dan tatalaksana lebih lanjut.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

30 May 2018, 20:39 WIB