Kutil Kelamin

Info Penanya, pria 28 Tahun

Dok, di anus saya tmbuh kutil, Dan skrng sudH mulai ke penis jg ditumbuhi, walaupun bru kcil2. Untuk solusinya gmn ya dok, saya hrus berobat ke dokter apa. Tinggal saya di kabupaten tegal. Biasanya untuk pngobatN ini butuh biayaa banyak(mahal) ga dok... Terimakasih ibu/bapk dokter yg budiman

31 May 2018, 11:59 WIB
dr. Ellen Theodora
dijawab oleh: dr. Ellen Theodora

Terimakasih Anda telah menggunakan layanan e-konultasi Klikdokter.com

Kutil pada kelamin dapat disebabkan oleh berbagai penyebab, salah satunya yang paling umum adalah kondiloma akuminata. Kondiloma Akuminata merupakan suatu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi Human Papilloma Virus (HPV). Pada sebagian kasus, kutil kelamin ini dapat menghilang dengan sendirinya tanpa pengobatan, namun dapat juga terus tumbuh dan membesar. Kadang kutil ini juga dikenal dengan istilah jengger ayam. 

Sebagian besar kutil kelamin berukuran sangat kecil dan berbentuk datar sehingga sulit terlihat secara kasat mata. Biasanya mereka yang mengalami kondisi ini akan merasakan gatal-gatal pada daerah sekitar daerah genitalnya. Selain tumbuh satu per satu, beberapa kutil kelamin juga dapat tumbuh secara berdekatan atau membentuk kelompok yang lebih besar.

Pada pria, kutil dapat tumbuh di bagian batang dan ujung penis, anus, serta kantong zakar. Sedangkan pada wanita, kutil kelamin dapat tumbuh pada bagian dinding vagina, leher rahim, vulva, dan kulit di antara lubang vagina dan lubang anus. Kutil kelamin juga bisa tumbuh di dalam mulut dan bahkan tenggorokan seseorang yang melakukan seks oral dengan seorang penderita.

Secara detail agak sulit menjelaskan secara spesifik mengenai kutil kelamin, sebab hanya dokter yang terlatihlah yang dapat membedakan antara penyakit kutil kelamin dengan penyakit kelamin lainnya.

Jika Anda menderita benholan pada daerah kelamin sebaiknya segera periksakan kepada dokter umum/spesialis kulit kelamin untuk menentukan jenis keluhan Anda.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam sehat,

31 May 2018, 11:59 WIB