Hasil USG Mammae

Info Penanya, wanita 20 Tahun

Slmat malam dok, Saya mau tanya kmaren saya UGS payudara saya karna ada benjolan di sbelah kanan, Dan hasilnya Usg mammae Scan mammae dekstra: Jaringan kutis dan supkutis tidak tampak menebal, tidk tampak di laktasi duktus, tidak tampak distrosi jaringan. Tidak tampak retraksi nipple, jariangan fibroglandular padat, tampak bayangan nodulh hipoekhoik inhomogen. Batas tegastepi sebagian ireguler ber uk lk 2.3×2.3 cm Di mammae dekstra arak jam 12 periaerola pada pemeriksaan color doppler memberikan vascularisasi minimal. Kesimpulan: Nodul solid dimammae dekstra arah jam 1e periaerola (birads 3, sugestif suatu fibroadenoma) Usg mammae sinistra saat ini tidak tampak kelainan Itu artinya apa ya dok?? Apakah harus di oprasi atau tidak ?? Tolong berikan penjelasannya dok, terimakasih☺

31 May 2018, 12:40 WIB
dr. Dyan Mega Inderawati
dijawab oleh: dr. Dyan Mega Inderawati

Terima kasih telah bertanya tentang Hasil USG Mammae melalui fitur Tanya Dokter

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Fibroadenoma atau sering dikenal dengan Fibroadenoma Mamma (FAM) merupakan tumor jinak yang paling sering terjadi pada payudara wanita. FAM biasanya terjadi pada wanita muda atau remaja. Sebelum usia 25 tahun, FAM lebih sering terjadi dibandingkan kista payudara. FAM jarang terjadi setelah masa menopause, yang berarti bahwa FAM responsif terhadap rangsangan estrogen.

Tanda dan Gejala

FBiasanya wanita muda menyadari terdapatnya benjolan pada payudara ketika sedang mandi atau berpakaian. Kebanyakan benjolan berdiameter 2-3 cm, namun FAM dapat tumbuh dengan ukuran yang lebih besar (giant fibroadenoma). Pada pemeriksaan, benjolan FAM kenyal dan halus. Benjolan tersebut tidak menimbulkan reaksi radang (merah, nyeri, panas), mobile (dapat digerakkan) dan tidak menyebabkan pengerutan kulit payudara ataupun retraksi puting (puting masuk). Benjolan tersebut berlobus-lobus.

Tatalaksana

Pada saat FAM diketahui, diagnosis ini dikonfirmasi dengan biopsi atau analisis sitologi (sel). Biopsi tersebut dapat mengkonfirmasi adanya sel keganasan.

Kami sarankan Anda membawa hasil USG mammae Anda ke dokter, agar dokter bisa mengkonfirmasi dengan pemeriksaan fisik dan mengkonfirmasi diagnosis dengan biopsi atau analisis sitologi (sel).

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar Hasil USG Mammae. Semoga bermanfaat.

31 May 2018, 12:40 WIB