Flek Coklat Sebelum Haid

Info Penanya, wanita 24 Tahun

Selamat pagi dok, saya mau bertanya. Saya tumben mengalamin menstruasi seperti ini, hari pertama saya mengeluarkan flex merah dan sampai mlm hari hanya ada flex coklat sdkit. Lalu hari kedua dan ketiga tidak kluar sama skali, dan hari keempat kluar lgi brwarna coklat kmerahan, knp bisa seperti itu dok ya, biasa nya lancar dan tdk prnah seperti ini. Mohon jawaban dan bantuannya dok. 😥🙏🙏🙏

31 May 2018, 11:59 WIB
dr. Ellen Theodora
dijawab oleh: dr. Ellen Theodora

Terimakasih telah bertanya tentang flek coklat sebelum haid menggunakan layanan Tanya Dokter

Flek-flek coklat sebelum haid dimulai bisa merupakan hal yang normal, bisa juga tidak. Yang merupakan penyebab normal pada wanita tidak hamil adalah ketidakseimbangan hormon (yang bisa disebabkan oleh penggunaan KB hormonal, kondisi perimenopause/menopause, kondisi berat badan tubuh yang terlalu berlebihan atau terlalu kurus, sedang sakit berat, atau mengalami stress psikologis/pekerjaan) dan flek pada saat ovulasi/sel telur dilepaskan (sangat normal). Flek-flek ini umumnya terjadi selama 2-4 hari dan akan menghilang dengan sendirinya. Siklus haid tetap normal dan tidak terganggu.

Pada wanita hamil, flek-flek coklat sebelum tanggal haid yang diperkirakan, merupakan tanda implantasi, yaitu ketika embrio menempel pada dinding rahim. Flek-flek ini biasanya hanya terjadi selama 1-2 hari.

Sedangkan kondisi flek-flek yang tidak normal disebabkan oleh endometriosis, sindrom ovarium polikistik, infeksi menular seksual atau kanker serviks.

Terkait kondisi Anda, apabila nantinya Anda haid di tanggal yang seharusnya, flek-flek yang dialami merupakan hal normal sehingga tidak perlu dicemaskan. Namun, bila Anda mengalami keterlambatan haid dan flek-flek tersebut muncul kembali pada siklus berikutnya, ada baiknya Anda konsultasi dengan dokter kandungan. Dokter akan melakukan USG kandungan untuk mengevaluasi organ-organ kandungan Anda sehingga bisa diketahui penyebab sesungguhnya.

Mengenai jahe, tidak ada kaitannya dengan flek-flek kecoklatan sebelum haid.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

31 May 2018, 11:59 WIB