Kulit Sensitif

Info Penanya, pria 18 Tahun

permisi dok, sy punya keluhan kulit wajah sensitif jika sy melakukan kegiatan diuar ruangan misalnya bersepeda motorlengsung setelah itu muncel jerawat disertai rasa yang gatal. selain itu, membekas flek hitam, mohon dishare ilmunya bagaimana saya untuk mengatasinya dan produk apa yang bisa saya pakai murah dan alami tdk menyebabkan efek samping. terima kasih sebelumnya

31 May 2018, 14:21 WIB
dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid
dijawab oleh: dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid

Terima kasih telah bertanya mengenai Kulit Sensitif melalui fitur Tanya Dokter dari KlikDokter.

Kulit sensitif bisa pula diartikan sebagai kulit yang tipis, mudah iritasi dan kadang kala berwarna kemerahan. Biasanya ditandai dengan mudah memerah atau meradang, sangat mudah berjerawat dan sering terasa gatal atau memerah jika terkena kosmetik atau perawatan kulit. Kulit jenis ini bisa jadi berminyak atau juga kering, namun kebanyakan sifatnya berminyak.

Kondisi kulit sensitif bisa merupakan bawaah dari lahir, namun juga karena faktor lain. Penyakit kulit berkaitan alergi biasanya akan membuat kulit cenderung lebih tipis. Kurangnya lemak pada kulit misalnya pada proses penuaan, mandi dengan air panas, sabun antiseptik juga bisa mengakibatkan kulit menjadi kering sehingga lebih sensitif.

Perawatan kulit sensitif harus ekstra hati-hati. Sebaiknya selalu memperhatikan label produk perawatan kulit dan pilihlah produk yang diberi label ‘hypoallergenic’ atau produk khusus bagi kulit sensitif. Hindari mandi menggunakan air panas dan sabun antiseptik. Sabun bayi biasanya cenderung lebih aman. Pastikan konsumsi air Anda cukup.

Pada orang yang memiliki kulit sensitif, masalah kulit bisa mudah terpicu dari pola makanan yang dikonsumsi. Seperti halnya ketika mengkonsumsi makanan pedas, kafein, rokok dan Niacin (vitamin B3). Timbulnya gangguan kulit kebanyakan disebabkan oleh asupan konsumsi tersebut memperbanyak aliran darah ke permukaan kulit, sehingga kulit menjadi merah. Hal inilah yang menyebabkan timbulnya kemerahan pada kulit.

Bagaimana pun masih perlu diagnosis lebih lanjut oleh dokter untuk menyimpulkan jenis kulit Anda. Jika Anda memiliki kulit yang sensitif, maka hindarilah pemakaian produk dengan sembarangan.

Kulit sensitif akan langsung bereaksi cepat ketika kulit bertemu dengan bahan kimia yang terkandung di dalam kosmetika. Jika dibiarkan menahun, akan mengakibatkan wajah mengalami iritasi dan tidak mulus lagi. Waspadalah gejala terasa pedih pada kulit yang kemudian dilanjuti dengan munculnya bintik-bintik merah ketika setelah menggunakan kosmetik tertentu.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai kulit sensitif. Semoga bermanfaat.

31 May 2018, 14:21 WIB