Kesemutan 31 Mei 2018 - Tanya Dokter Klikdokter.com
search

Kesemutan

Halo dok, saya mw bertanya : 1. Saya sering mengalami kesemutan klo duduk lama atau melipat kaki dll apa penyebabnya dok dan bagaimana solusinya? 2. Tentang Ibu saya bliau katanya tidak mau makan dan kaki kiri beliau lemas dan kebas kdang sperti mati rasa apa penyebabnya dok dan bagaimana solusinya ? Terimakasih dok

Lihat Selengkapnya
pria, 27 Tahun31 Mei 2018, 03:02 WIB

dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid

Dijawab oleh:

dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sekilas izinkan kami menjelaskan mengenai penyebab kesemutan. Terdapat beberapa hal yang dapat menimbulkan terjadinya kesemutan, baik kesemutan yang bersifat sementara ataupun kesemutan yang berlangsung jangka panjang (kronis). Beberapa hal yang dapat menimbulkan kesemutan yang sementara antara lain adalah :

  • penekanan saraf yang berlangsung lama (seperti saat tidur, duduk bersila, dll)
  • frekuensi napas cepat
  • serangan panik
  • dehidrasi (kurang cairan)
  • kekurangan suplai darah pada tempat kesemutan 

Terkait dengan keluhan Anda yang mengalami kesemutan setelah duduk lama di lantai merupakan hal yang normal, setelah Anda berdiri dan peredaran darah di daerah kaki sudah lancar maka keluhan kesemutan akan menghilang. 

Untuk sementara, Anda dapat mengkonsumsi multivitamin B kompleks untuk mengurangi keluhan. Kemudian hindari berada dalam 1 posisi untuk waktu lama. Lakukan peregangan untuk menghindari kekakuan otot. Bila keluhan memberat, kami sarankan Anda menemui dokter spesialis saraf agar dapat ditelusuri lebih lanjut penyebabnya disertai penanganan optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Punggung Terasa Panas

Dijawab oleh:dr. Dyan Mega Inderawati

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat