Payudara Nyeri Karena Lupa Melepas Bra

Selamat pagi, dok. Saya mau bertanya. Jadi tadi mlm saya tidur dan lupa untuk melepaskan bra, lalu saat terbangun di pagi harinya saya merasa kedua payudara saya nyeri dan mengencang menyeluruh. Lalu payudara saya mengeluarkan cairan jika di tekan. Apa ya dok sebenarnya yang terjadi ?

Lihat Selengkapnya
wanita, 18 Tahun01 Jun 2018, 12:21 WIB

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Dijawab oleh:

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter

Apakah Anda sedang menyusui? Bila iya, kemungkinan keluhan Anda disebabkan karena penumpukkan ASI yang tidak bisa keluar sehingga menyebabkan peradangan. Kondisi ini harus segera ditangani, bisa dengan menggunakan kompres hangat lalu diperah atau dipompa untuk mengeluarkan ASI yang tertinggal. Susui anak Anda secara rutin setiap 2-3 jam untuk mencegah penumpukan ASI.

Bila anda tidak sedang hamil atau menyusui, keluar cairan darah dari puting susu kemungkinan disebabkan adanya peradangan pada payudara Anda. Hal ini perlu menjadi kewaspadaan tersendiri karena tidaklah normal untuk keluar cairan dari puting, terutama apabila tidak dalam kondisi hamil atau menyusui. Mungkin yang perlu digali lebih dalam adalah apakah cairan tersebut memang keluar dari dalam puting ataukah terdapat perlukaan di sekitar puting sehingga mengeluarkan darah? Lalu adakah riwayat benjolan payudara (jinak maupun kanker) di dalam keluarga Anda? Adakah keluhan lain seperti nafsu makan berkurang dan berat badan berkurang signifikan beberapa bulan terakhir?

Untuk dapat memastikan keluhan Anda sebaiknya dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung untuk memastikan diagnosis penyakit Anda. Jadi kami sarankan agar berkonsultasi ke dokter untuk pemeriksaan dan terapi lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Payudara Terasa Sakit

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

Payudara Terasa Sakit Saat Haid

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

Nyeri Payudara

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk