Minum Pil KB dan Telat Haid

Info Penanya, pria 29 Tahun

dok, istri sy trkhir haid tgl 10 maret 2018 dan tgl 7 feb haid bln sebelomx selalu lambat..istri sy mengkomsunsi pil KB tgl 13 bln april sampai tgl 3 mei. kami berhubungan badan tgl 20 april dan sampai sekarang belom haid jg....apakah pertanda it hamil dok krna blom haid jg sampai skrng ? trimah kasih

01 Jun 2018, 13:16 WIB
dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons
dijawab oleh: dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Terima kasih karena Anda telah bertanya mengenai telat haid dengan PIL KB melalui fitur Tanya Dokter

Kami mengerti kekhawatiran anda. Pil KB yang anda minum adalah bisa jenis pil KB kombinasi atau minipil. Pada lazimnya, setelah berhenti minum pil, anda akan segera haid. Atau dalam menggunakan KB 28 pil, maka hari ke 22 biasanya Anda akan mengalami haid. Risiko kegagalan dapat muncul misalnya jika anda pernah lupa minum pil KB atau minum pil KB tidak teratur. Bagaimana konsumsi pil Anda?

Pada kasus anda, bisa saja anda belum haid karena efek hormonal dari pil KB masih ada, namun ada pula kemungkinan yang sangat kecil anda hamil bila Anda minum teratur. Hal itu tentunya sangat dipengaruhi oleh kapan waktu anda berhubungan dengan suami anda. Akan lebih baik jika Anda melakukan pemeriksaan kehamilan  untuk memastikannya. Untuk sementara waktu karena sudah tidak minum pil KB beberapa waktu maka anda harus memakai kontrasepsi lain misalnya kondom sembari memeriksa keadaan rahim anda ke dokter kandungan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai telai haid dengan PIL KB. Semoga bermanfaat.

01 Jun 2018, 13:16 WIB