Benjolan dibawah ketiak - #246133

Info Penanya, wanita 25 Tahun

Dok, saya mau bertanya. Di punggung saya, tepatnyaaa area tubuh sebelah kiri sekitar 1 jengkal dibawah ketiakk terdapat benjolan hitam sudah lumayan lama, namun tidak sakit. Awalnuaa sepertinyaa gatal karna mungkin akibatt karet bra, kelamaan berwarna hitam dan benjol tidak kecil tidak besar juga. Tp tiba2 saat ini terasaa sakitt seperti nyerii dan dilihat seperti kemerahan di sisi benjolan tsb. Kira2 benjolan tsb apa ya dok? Apakah aman? Terimakasih.

01 Jun 2018, 14:10 WIB
dr. Astrid Wulan Kusumoastuti
dijawab oleh: dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Benjolan di ketiak bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti pembesaran kelenjar getah bening (limfadenitis), infeksi akar rambut (folikulitis), dan sebagainya.

Penyebab tersering timbulnya benjolan di daerah ketiak adalah akibat adanya pembesaran kelenjar getah bening (KGB). Pembesaran KGB ini dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah limfadenopati. KGB sendiri adalah salah satu komponen pertahanan tubuh, yang akan membesar bila ada serangan kuman dari luar, misalnya akibat adanya proses infeksi dari organ-organ disekitarnya ataupun adanya infeksi sistemik dalam tubuh. Kebanyakan pembesaran kelenjar getah bening tidak berbahaya (jinak) dan hanya sebagian kecil pembesaran yang tidak dapat dijelaskan sebabnya merupakan keganasan (kanker). Pembesaran kelenjar getah bening ini dapat berbahaya bila dikuti dengan tanda-tanda keganasan seperti berat badan turun, benjolan bertambah besar dengan cepat, penyebaran kanker dari tempat lain, umur lebih dari 50 tahun dan adanya riwayat keganasan dalam keluarga.

Seringpula, benjolan bernanah dapat berupa hidraadenitis supurativa. Yaitu kondisi benjolan bernanah yang berukuran dari sebesar kacang hingga sebesar bola kasti, nyeri dan dapat terjadi menahun. Seringkali mengenai daerah seperti ketiak, payudara, lipat paha, lipat pantat di mana banyak terdapat kelenjar keringat apokrin dan kelenjar sebasea. Hidradenitis suppurativa cenderung muncul setelah masa puber, dalam jangka waktu yang lama hingga tahunan dan semakin lama semakin memburuk. Beberapa faktor yang memicu timbulnya kondisi ini adalah hormon, genetik, rokok, dan berat badan berlebih. Wanita berusia muda pun lebih mudah terkena kondisi ini.

Untuk memastikan penyebab timbulnya benjolan pada ketiak Anda, Kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan benjolan tersebut ke dokter.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

01 Jun 2018, 14:10 WIB