pil kb- #246140

Info Penanya, wanita 39 Tahun

Assalamu'alaikum...selamat pagi dok..sy mau tanya...insyaallah sbntr lg sy menjalankan ibadah haji tahun ini..sy haid dtg pd tgl 20..di bln mei ini..dan wukuf jatuh pd tgl 21 agustus,pd tgl brp kah sy hrs mulai minum??..brp x sehari..dan sampai brp hari??,,trmksh...

01 Jun 2018, 14:59 WIB
dr. Astrid Wulan Kusumoastuti
dijawab oleh: dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Pil KB adalah pil yang mengandung hormon reproduksi sintetik (progesteron dan kombinasi estrogen-progesteron) yang berfungsi untuk mengatur hormon dalam tubuh penggunanya, yaitu mencegah kehamilan.

Pilihan pil KB dan cara penggunaannya

 

Terdapat dua jenis kontrasepsi pil, yaitu pil kominasi dan mini pil (pil progestin). Untuk penggunaan pil kombinasi, walaupun bisa sebagai kontrasepsi darurat, sebaiknya diyakinkan dahulu bahwa Anda tidak hamil atau dicurigai hamil. Waktu mulai sebaiknya pada hari pertama sampai hari ke 7 siklus Haid. Boleh menggunakan pada hari ke 8, tetapi perlu menggunakan metode kontrasepsi yang lain (kondom) mulai hari ke 8 hingga hari ke 14 atau tidak melakukan hubungan seksual sampai Anda telah menghabiskan paket pil tersebut.

Untuk mini pil, boleh digunakan setiap saat asal tidak hamil atau dicurigai hamil. Dapat dimulai pada hari pertama sampai hari ke 5 siklus haid. Bila dimulai pada hari ke 5 siklus haid, jangan melakukan hubungan seksual selama 2 hari atau menggunakan metode kontrasepsi lain untuk 2 hari saja.

Sedangkan jika yang Anda maksud adalah kontrasepsi darurat (kontrasepsi yang dapat mencegah kehamilan bila digunakan segera setelah berhubungan seksual), hanya efektif jika digunakan dalam 72 jam sesudah berhubungan seksual tanpa perlindungan. Jika menggunakan pil kombinasi dan minipil, harus diulangi untuk dosis kedua 12 jam kemudian. Jika menggunakan pil estrogen juga dimulai dalam waktu 3 hari pascasenggama dan diteruskan selama 5 hari. Sedangkan jika menggunakan mifepriston, hanya diperlukan 1 kali dosis dalam 3 hari pascasenggama.

Kontraspsi darurat tidak dianjurkan sebagai metode KB secara rutin atau terus menerus. Oleh karena itu, sebaiknya Anda tetap melakukan pemeriksaan jika mengalami tanda-tanda kehamilan seperti terlambat haid, mual-mual, dan tanda lainnya.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

01 Jun 2018, 14:59 WIB