Menyusui Saat Hamil

Info Penanya, wanita 25 Tahun

Amankah wanita hamil menyusui?? Apakah bisa menyusui sampai melahirkan??

01 Jun 2018, 21:45 WIB
dr. Dyan Mega Inderawati
dijawab oleh: dr. Dyan Mega Inderawati

Terima kasih telah bertanya tentang Menyusui Saat Hamil melalui fitur Tanya Dokter

Menyusui saat sedang hamil pada dasarnya tidak apa-apa selama kondisi kehamilan sehat berdasarkan pemeriksaan dokter dan tidak ada riwayat keguguran atau bayi lahir prematur sebelumnya. 

Pada saat menyusui, tubuh akan memproduksi hormone oksitosin yang dapat membuat jaringan payudara berkontraksi dan mengeluarkan ASI (reflex ejeksi ASI) sehingga dapat membuat produksi ASI semakin meningkat, namun adanya hormon oksitosin di masa kehamilan dapat juga membuat kontraksi ringan pada uterus (Rahim) akan tetapi hal ini tidak menyebabkan kehamilan prematur karena jumlah hormone oksitosin yang dihasilkan tidak dalam jumlah banyak.

Beberapa hal yang perlu diketahui bila Ibu memutuskan untuk memberikan ASI saat hamil adalah perubahan-perubahan yang dapat disadari oleh anak pertama Ibu. Walaupun ASI yang keluar tetap bernutrisi selama kehamilan, kandungannya akan berubah sehingga rasanya pun berubah. 

Selain itu, jumlah produksi ASI akan berkurang seiring bertambahnya usia kehamilan. Karena itu, secara alami anak pertama Ibu akan mengalami penyapihan sebelum adiknya dilahirkan.

Kenyamanan Ibu juga akan terpengaruh. Selama kehamilan, tidak jarang terdapat keluhan nyeri pada puting dan payudara secara keseluruhan. Rasa nyeri ini dapat meningkat saat menyusui. Rasa lelah atau fatigue juga dapat menjadi tantangan tersendiri.

Pastikan Anda mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan nutrisi yang bergizi dan seimbang. Yang harus Anda penuhi adalah kebutuhan 650 kalori per hari jika anak yang masih menyusui berusia dibawah 6 bulan, namun jika anak tersebut sudah memasuki masa MPASI kalori yang Anda harus penuhi sekitar 500 kalori perhari. Jika sudah memasuki trimester kedua tambah asupan lagi sebanyak 350 kalori dan 450 kalori pada trimester ketiga. Selain itu, jangan lupa untuk banyak minum air putih, minimal 8 gelas perhari.

Kami sarankan Anda untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan yang menangani Anda agar dapat diketahui secara pasti apakah kehamilan Anda saat ini berisiko tinggi atau tidak. Jika kehamilan Anda sehat maka Anda dapat terus memberikan ASI pada anak Anda.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar Menyusui Saat Hamil. Semoga bermanfaat.

01 Jun 2018, 21:45 WIB