Haid Tidak Teratur Setelah Suntik KB

Info Penanya, wanita 22 Tahun

Dok saya mau tanya kenapa saya bisa men setelah padahal saya sudah KB, memang kemarin saya habis lahiran tapi setelah anak saya 2 bulan lebih saya suntik KB dan setelah satu minggu saya melakukan dengan suami saya dan sekarang anak saya umur nya 3 bulan lebih dan saya keluar darah seperti men itu kenapa ya dok padahal kan saya sudah KB sebelum nya?

02 Jun 2018, 06:52 WIB
dr. Dyan Mega Inderawati
dijawab oleh: dr. Dyan Mega Inderawati

Terima kasih telah bertanya seputar Haid Tidak Teratur Setelah Suntik KB melalui fitur Tanya Dokter

Kami mohon maaf atas keterlambatan menjawab pertanyaan Anda. Kami mohon maaf atas keterlambatan menjawab pertanyaan Anda. Kontrasepsi suntikan KB mengandung hormon yang berfungsi sebagai alat pencegah kehamilan dengan cara kerja mempengaruhi sistem hormon di dalam tubuh. Salah satu efek samping dari hormon tersebut adalah perdarahan yang tidak teratur, mulai dari perdarahan bercak atau flek hingga perdarahan yang berkepanjangan atau bahkan tidak haid. Setiap individu memiliki respon yang berbeda-beda dalam penerimaan hormon ini.

Pada pemakaian KB suntik, siklus menstruasi yang teratur akan kembali terjadi dalam waktu 6 bulan-1 tahun setelah pemakaian suntikan KB dihentikan. Selama dalam waktu 6 bulan-1 tahun maka siklus menstruasi dapat mengalami ketidakteraturan yang disebabkan karena proses pengembalian keseimbangan hormonal beberapa waktu. Pengembalian kesuburan untuk kehamilan 5-7 bulan setelah penghentian suntikan. Namun hal ini berbeda- beda pada setiap individu.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar Haid Tidak Teratur Setelah Suntik KB. Semoga bermanfaat.

 

02 Jun 2018, 06:52 WIB