Transplantasi Rambut

Info Penanya, pria 17 Tahun

dok saya mau tanya.. Saya merasa tidak pede dengan rambut saya yang tebal,kasar dan kering.Saya kefikiran untuk melakukan transplantasi rambut.Bisakah saya melakukan transplantasi rambut dengan menggunakan rambut orang lain(yang lurus) ke kulit kepala saya?Apakah bisa dok?terimakasih..

02 Jun 2018, 17:07 WIB
dr. Andika Widyatama
dijawab oleh: dr. Andika Widyatama

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai Transplantasi Rambut.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

 

Transplantasi rambut merupakan metode bedah kecil (minor) untuk  memindahkan dan menanam rambut dari satu area ke area yang lain. Metode ini tidak meningkatkan volume rambut yang dimiliki, mengingat prinsip dasarnya hanyalah memindahkan rambut pasien sendiri. Pada proses transplantasi rambut, donor yang diambil biasanya berasal dari area belakang dan samping kepala ataupun daerah tengkuk yang kemudian ditanamkan ke area yang menipis atau mengalami kebotakan. Transplantasi rambut biasanya digunakan untuk mengobati rambut rontok, garis rambut yang rontok dan kebotakan. Namun tak jarang pula tindakan ini dilakukan dengan alasan untuk mempercantik diri.

Setiap tindakan medis yang dilakukan pasti memiliki resiko untuk timbulnya efek samping, sama halnya dengan transplantasi rambut. Efek samping yang mungkin timbul pada tindakan ini antara lain nyeri, gatal, perdarahan, pembengkakan dan infeksi.

Mengingat hasil dari transplantasi rambut ini bersifat permanen dan mempengaruhi penampilan pasien selanjutnya, metode ini hanya bisa dilaksanakan oleh dokter ahli yang memahami prinsip-prinsip transplantasi rambut sekaligus estetika. Konsultasikan hal ini dengan dokter spesialis kulit.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Transplantasi Rambut. Semoga bermanfaat.

Salam,

02 Jun 2018, 17:07 WIB