TP Positif, USG Negatif

Info Penanya, pria 27 Tahun

Selamat pagi Dokter. Maaf dok saya mau nanya, bahwa saat ini istri saya telat haid sudah 3 minggu dan pada saat TP Positiv dan TP sudah 6 kali hasil positive namun USG 2 Dokter ditempat praktek yg berbeda menjelaskan dari hasil USG tidak terlihat tanda kehamilan. Saat ini istri saya mengalami pendarahan banyak dan keluar beberapa gumpalan darah serta merasakan rasa sakit berat pada bagian perut bawah. Apakah yh dialami istri saya dok. Dan apa yg harus saya lakukan. Mohon bantuannya. Terimaksih.

04 Jun 2018, 10:08 WIB
dr. Dyan Mega Inderawati
dijawab oleh: dr. Dyan Mega Inderawati

Terima kasih telah bertanya tentang TP Positif, USG Negatif melalui fitur Tanya Dokter

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Pemeriksaan test pack didasarkan pada cara kerja mendeteksi marker kimiawi dalam tubuh, yang disebut human chorionic gonadotropin (hCG). Obat yang diberikan tidak mempengaruhi hasil tespek Anda. Test pack dapat mendeteksi kehamilan dengan tingkat keakuratan mencapai 99%. Hasil test pack yang telah Anda lakukan (2 garis merah) walaupun samar bisa saja sudah menunjukkan hasil yang positif. Namun, masih mungkin terjadi hasil negatif ataupun positif palsu.

Beberapa penyebab terjadinya positif palsu adalah pada saat proses pembacaan hasil yang terlalu lama, teknik pencelupan yang tidak benar, blighted ovum, alat yang rusak. Hasil negatif palsu adalah akibat kesalahan teknik pemeriksaan, terlalu lama mencelupkan strip, atau apabila kadar hormon B-hCG dalam urin belum mencukupi. Masih ada kemungkinan muncul hasil yang negatif akibat masih rendahnya kadar hormon yang ada. Dalam keadaan tersebut, ulang pemeriksaan 1 - 2 minggu kemudian, atau langsung melakukan pemeriksaan kadar hormon B-hCG dalam darah untuk hasil yang lebih akurat, jika memang masih belum menstruasi.

Tanda-tanda kehamilan terdiri atas tanda kehamilan tidak pasti dan tanda kehamilan pasti.

Tanda-tanda kehamilan tidak pasti yang dialami dapat bervariasi setiap individunya, antara lain:

  • sering berkemih 
  • pembesaran dan nyeri payudara 
  • mual 
  • perasaan lelah 
  • daerah sekitar puting susu menghitam 
  • peningkatan suhu tubuh 
  • flek perdarahan karena perlekatan hasil pembuahan ke dinding rahim

Sedangkan tanda pasti kehamilan (obyektif) adalah:

  1. terasa bagian janin serta gerak janin pada perabaan 
  2. terdengar bunyi jantung janin pada auskultasi 
  3. terlihat gambaran janin pada USG atau scanning

Untuk memastikan Anda dapat memeriksakan diri ulang ke dokter spesialis kandungan kebidanan 1-2 minggu lagi untuk melihat kantong kehamilan melalui USG.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar TP Positif, USG Negatif. Semoga bermafaat.

04 Jun 2018, 10:08 WIB
Mhita HermanMhita Herman

selamat pagi dokter.maaf dok saya mau tanya saya sudah beberapa hr keluar flek karna saya takut saya periksa untuk usg transvaginal kata dokter hasil bagus trus d suruh tes urine dan hasil positif kata dokter 3 minggu d suruh periksa dengen usg kembali,,setelah 3 minggu d usg kata dokter bersih ga ad janin atw kantung janin tp saya penasaran beli tes urine lg hasil nya makin kereng garis 2 nya dan apa yg saya rasa saat ini seperti orng hamil setiap pg mual muntah d sertai kepala pusing thanks

Tanya Dokter
Flek Coklat dan Test Pack Positif
Tanya Dokter
Flek Coklat dan Test Pack Positif
Tanya Dokter
Flek Coklat dan Test Pack Positif
Tanya Dokter
Haid Setelah Testpack Positif
Tanya Dokter
Penanganan Blighted Ovum
Tanya Dokter
Antibiotik Setelah Kuretase