Belum Hamil

Info Penanya, wanita 22 Tahun

Assalamualaikum wr. wb Selamat pagi dokter saya mau bertanya sama sudah menikah hampir 1tahun dok tetapi saya blm hamil padahal saya dan suami sudah berhubungan tetapi saya dan suami tidak nafsu dok dan suami juga gampang cape dan saya tidak mengerti perhitungan masa subur saya dok apa itu berpengaruh dok bagi saya. Terimakasih dok mohon dijawab pertanyaan saya, wassalamualaikum wr. wb

04 Jun 2018, 11:45 WIB
dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons
dijawab oleh: dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons

Terima kasih telah bertanya mengenai belum hamil melalui fitur Tanya DokterBapak yang terhormat,

Perlu anda ketahui, memang wanita yang mengandung,namun kehamilan terjadi karena pembuahan. Pembuahan dapat terjadi jika sel sperma membuahi sel telur. Oleh karena itu, jika belum terjadi kehamilan faktor yang berperan bisa juga dari suami, bukan hanya dari istri.

Menurut penelitian, sedikitnya hanya sekitar 85% pasangan suami istri yang akan hamil dalam satu tahun pertama pernikahan dan 92% pada tahun kedua pernikahan. Seseorang baru dapat dikatakan memiliki masalah infertilitas primer (gangguan kesuburan) apabila telah memenuhi kriteria berikut, yaitu : belum memiliki keturunan setelah 1 tahun berhubungan seksual teratur (2-3x/minggu) tanpa menggunakan kontrasepsi. Izinkan kami menjelaskan tentang bagaimana tips mendapatkan momongan.

Untuk mendapatkan keturunan, Anda sebaiknya melakukan hubungan seksual pada waktu yang tepat. Waktu yang tepat untuk berhubungan seksual agar cepat mendapatkan keturunan adalah saat terjadinya ovulasi (masa subur). Ovulasi adalah suatu peristiwa dimana sel telur keluar dari ovarium dan siap untuk dibuahi oleh sperma. Waktu terjadinya ovulasi dapat diperkirakan sekitar 2 minggu sebelum terjadinya menstruasi berikutnya jika haid istri Anda teratur. Setelah dikeluarkan, sel telur dapat bertahan hidup selama 24 jam, sementara sperma yang telah dikeluarkan dapat bertahan hidup 48-72 jam, karena itu dianjurkan Anda melakukan hubungan seksual 2 hari sebelum hingga 2 hari sesudah waktu perkiraan ovulasi. Jika haid istri Anda tidak teratur, untuk menghitung masa subur pada wanita dengan siklus haid tidak teratur harus dilihat dari 6 siklus haid. Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan. Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur.

Rumusnya:

Hari pertama masa subur = Jumlah hari terpendek – 18

Hari terakhir masa subur = Jumlah hari terpanjang – 11

Karena itu untuk memperbesar kemungkinan terjadi pembuahan, kami sarankan untuk berhubungan intim teratur, 3-4x/minggu, terutama pada saat terjadinya ovulasi. Pada sebagian besar pasangan, kehamilan dapat terjadi dalam 1 tahun pertama setelah menikah.

Kami juga menyarankan Anda dan pasangan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan guna dilakukan wawancara medis, pemeriksaan fisis, dan pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan untuk menentukan penanganan yang paling sesuai bagi Anda dan pasangan. Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai belum hamil . Semoga bermanfaat.

04 Jun 2018, 11:45 WIB