Imunisasi Sebelum Menikah

Dok 2bln lagi saya akan menikah, ada beberapa teman yg menganjurkan utk vaksin. Menurut dokter vaksin apa yg tepat dgn jarak 2bln sblm pernikahan saya ya dok?

Lihat Selengkapnya
wanita, 21 Tahun05 Jun 2018, 08:22 WIB

dr. Reza Fahlevi

Dijawab oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya di fitur Tanya Dokter

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Banyak yang harus dipersiapkan di dalam pernikahan, di dalam segi kesehatan yang dapat dilakukan adalah memeriksakan kesehatan masing-masing individu dengan pemeriksaan pra nikah. Hal ini tidak wajib dilakukan namun dianjurkan bagi pasangan yang akan menikah.

Pemeriksaan pra nikah meliputi beberapa hal, diantaranya pemeriksaan darah rutin (HB, trombosit, analisa hemoglobin, leukosit), golongan darah dan Rhesus, kencing rutin (urinalisa), hepatitis terutama hepatitis B & C, dan gula darah. 

Selain pemeriksaan kesehatan, wanita yang akan menikah juga disarankan melakukan imunisasi Tetanus Toxoid(TT). Imunisasi TT (Tetanus Toksoid) dianjurkan pada wanita terutama untuk mencegah terjadinya tetanus neonatorum (tetanus pada bayi).

Hal tersebut disarankan karena dahulu dimana dokter sangat jarang, proses melahirkan banyak ditolong oleh dukun beranak yang menggunakan peralatan tidak steril dimana berisiko untuk mengakibatkan penularan kuman tetanus ke janin melalui pemotongan tali pusar. Namun saat ini dengan banyaknya dokter dan bidan serta pertolongan melahirkan dilakukan secara steril, maka jarang sekali terjadi kasus tetanus neonatorum. Vaksin ini sebaiknya diberikan pada wanita yang tidak melengkapi 3 kali imunisasi dasar atau 10 tahun booster. Jika seorang wanita memiliki rencana untuk memiliki anak maka sebaiknya mendapatkan vaksin ini sebelum menikah atau pada saat kehamilan.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

REAKSI ANDA

PERTANYAAN TERKAIT

Anak Terlambat Imunisasi Hepatitis B

Dijawab oleh:dr. Sepriani Timurtini Limbong

Imunisasi DPT

Dijawab oleh:dr. Reza Fahlevi

Seputar Difteri

Dijawab oleh:dr. Reza Fahlevi

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk