Haid Tidak Teratur Setelah Suntik KB

Info Penanya, wanita 33 Tahun

ass...dok saya mau tanya dok saya abis operasi KET pd tgl 17 maret 2018 dan setelah 2x siklus haid saya melakukan kb suntik yg 1 bulan sekali..trus siklus haid saya tidak teratur pertama kali haid setelah operasi KET tgl 7 april trs yg ke 2 kali tgl 2 mei trs tgl 27 mei saya sudah haid lagi yg saya ingin tanyakan apakah itu normal atau tidak dok...😔😔

05 Jun 2018, 09:29 WIB
dr. Sepriani Timurtini Limbong
dijawab oleh: dr. Sepriani Timurtini Limbong

Terima kasih telah menggunakan tentang efek KB suntik melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.Kontrasepsi suntikan KB mengandung hormon yang berfungsi sebagai alat pencegah kehamilan dengan cara kerja mempengaruhi sistem hormon di dalam tubuh. Salah satu efek samping dari hormon tersebut adalah perdarahan yang tidak teratur, mulai dari perdarahan bercak atau flek hingga perdarahan yang berkepanjangan atau bahkan tidak haid. Setiap individu memiliki respon yang berbeda-beda dalam penerimaan hormon ini.

Pada pemakaian KB suntik, siklus menstruasi yang teratur akan kembali terjadi dalam waktu 6 bulan-1 tahun setelah pemakaian suntikan KB dihentikan. Selama dalam waktu 6 bulan-1 tahun maka siklus menstruasi dapat mengalami ketidakteraturan yang disebabkan karena proses pengembalian keseimbangan hormonal beberapa waktu. Pengembalian kesuburan untuk kehamilan 5-7 bulan setelah penghentian suntikan. Namun hal ini berbeda- beda pada setiap individu.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

05 Jun 2018, 09:29 WIB