Tidak Haid Setelah Suntik KB

Info Penanya, pria 23 Tahun

dok saya ikut kb suntik dan sdh 2 tahun, nah selama itu sy gk ad haid sm sekali, apa kah bakal berbahaya

06 Jun 2018, 09:46 WIB
dr. Sepriani Timurtini Limbong
dijawab oleh: dr. Sepriani Timurtini Limbong

Terima kasih telah bertanya seputar tidak haid setelah kb suntik melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kegelisahan yang Anda rasakan. Salah satu keterbatasan dalam penggunaan KB Suntik 3 bulan (KB suntikan progestin) adalah sering ditemukannya gangguan haid, seperti;

siklus haid yang memendek atau memanjangperdarahan yang banyak atau sedikitperdarahan tidak teratur atau perdarahan bercak (spotting)tidak haid sama sekaliKeterbatasan lainnya adalah terlambatnya kembali kesuburan setelah penghentian pemakaian, itulah yang menjadi alasan suntikan progestin tidak dapat dihentikan sewaktu-waktu sebelum suntikan berikutnya. Perlu adanya komunikasi antara klien dengan petugas pelayanan kesehatan jika ingin berhenti dan berharap kesuburan datang kembali.

Namun Anda tidak perlu khawatir, karena hal ini adalah wajar dan tidak berbahaya. Terlambatnya kembali kesuburan bukan karena terjadinya kerusakan/kelainan pada organ reproduksi, melainkan karena belum habisnya pelepasan obat suntikan dari deponya (tempat suntikan).

Haid baru akan datang kembali pada umumnya setelah 6 bulan. Selama tidak haid tersebut bisa saja terjadi kehamilan. Bila setelah 3-6 bulan tidak juga haid, Anda harus kembali ke dokter atau pelayanan medis tempat Anda mendapatkan KB agar dapat dicari penyebab haid tersebut.

Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar tidak haid setelah kb suntik ,Semoga bermanfaat.

06 Jun 2018, 09:46 WIB