Gigi Tidak Sejajar Ingin Dicabut

Info Penanya, pria 18 Tahun

dok .gigi saya mengalami tumbuh tak sejajar dgnn gigi lain dok ,trus saya mau mencabut nya dok ,kira kira gigi saya kalu di vcabut umur 18 thn masih timbh nggak ya dok

06 Jun 2018, 15:11 WIB
drg. Callista Argentina
dijawab oleh: drg. Callista Argentina

Terimakasih telah bertanya seputar gigi tidak sejajar ingin dicabut melalui fitur Tanya Dokter dan mohon maaf dalam keterlambatan dalam penjawaban.

Gigi manusia memiliki dua periode yaitu gigi susu dan gigi permanen. Pada usia 6-12 tahun, anak sedang berada pada periode gigi bercampur yaitu sudah ada gigi permanen yang tumbuh namun masih ada gigi susu yang belum tanggal. Sedangkan pada usia 17 tahun semua gigi sudah permanen, maka gigi itu harus dipertahankan sebisa mungkin kecuali jika memang kondisinya sudah tidak mungkin lagi untuk dirawat.

Mulai usia 17- 21 tahun biasanya akan muncul gejala tumbuh gigi geraham bungsu. Namun posisinya berada di urutan paling belakang, sehingga tidak menggantikan gigi yang manapun.

Pada kasus anda, Gigi yang tumbuhnya tidak sejajar bisa dirapihkan dengan perawatan kawat gigi, bukan dengan pencabutan. Jadi bila gigi anda dicabut, mengingat usia anda 18 tahun maka gigi tidak akan tumbuh kembali.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai gigi tidak sejajar ingin dicabut, Semoga bermanfaat.

06 Jun 2018, 15:11 WIB