Bagaimana Cara Menggunakan Activated Charcoal

Info Penanya, wanita 18 Tahun

Halo dok, saya mau tanya mengenai gigi. Gigi saya kan kuning, lalu saya beli activated charcoal. Sebaiknya digunakan kapan ya? Tiap hari boleh tidak? Saya sudah cari di google, tapi masih bingung dok. Terima kasih.

06 Jun 2018, 15:12 WIB
drg. Callista Argentina
dijawab oleh: drg. Callista Argentina

Terimakasih telah bertanya seputar bagaimana cara menggunakan activated charcoal melalui fitur Tanya Dokter dan mohon maaf dalam keterlambatan dalam penjawaban.

Pada beberapa artikel memang Activated charcoal dinyatakan bisa memutihkan gigi, memiliki sifat antibakteri, antijamur, antivirus, namun ternyata American Dental Association belum setuju mengenai pendapat tersebut. American Dental Association menyatakan bahwa yang harus diperhatikan adalah pasta gigi mengandung activated charcoal adalah suatu bahan yang abrasif, yang malah dapat mengikis permukaan email gigi. Padahal yang ingin kita putihkan adalah email gigi kita. Jika permukaan email gigi terkikis dan hilang, maka yang akan terlihat adalah lapisan dentin dibawahnya yang berwarna kekuningan. Oleh karena itu jika memakai bahan yang terlalu abrasif untuk membersihkan gigi, dikhawatirkan lama kelamaan gigi malah akan makin terlihat kuning. 

Sebelum menggunakan activated charcoal, lebih baik periksa bagaimana tekstur dari bahan tersebut, rasakan dengan permukaan jari. Jika teksturnya halus maka bisa anda campurkan ke pasta gigi sebagai tambahan dan tidak perlu digunakan setiap hari. Tapi jika teksturnya kasar, sebaiknya tidak perlu digunakan, konsultasikan dengan dokter gigi anda mengenai apa saja tindakan yang dapat dilakukan untuk mendapatkan gigi yang sehat, bersih dan putih seperti keinginan anda.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai bagaimana cara menggunakan activated charcoal, semoga bermanfaat.

 

 

06 Jun 2018, 15:12 WIB