Gigi Depan Anak Patah Dan Berdarah

Info Penanya, pria 30 Tahun

Permisi dok, anak saya dulu masih berumur 2 th gigi nya yang depan terbentur microphone waktu nyanyi, ada retak'an di gigi atas sebelah kiri, dibawa keklinik sudah dikasih obat, waktu usianya 2,5 th retakannya semakin jelas dan berdarah, sampai copot separuh lalu yg gigi sebelah kanannya ikutan retak, sekarang usia 3,5 retakannya copot dan sering nyeri, apakah sudah boleh giginya yang depan dicabut paksa di klinik? Atau bagaimana obat untuk meredakan nyerinya, Terima kasih dok,,

06 Jun 2018, 15:12 WIB
drg. Callista Argentina
dijawab oleh: drg. Callista Argentina

Terimakasih telah bertanya seputar gigi depan anak patah dan berdarah melalui fitur Tanya Dokter.

Berdasarkan keterangan yang anda sampaikan, dugaan kami gigi patah anak anda sudah mencapai tempat saraf sehingga selalu berdarah. Jika ruang saraf / pulpa sudah terbuka, maka pulpa dapat terinfeksi oleh kuman, oleh sebab itu gigi tidak dapat lagi ditambal biasa, tapi harus dilakukan perawatan syaraf dengan sarafnya dimatikan terlebih dahulu yang bertujuan mensterilkan mahkota gigi dan akar dari infeksi kuman. Setelah perawatan tersebut selesai, baru kontur gigi diperbaiki menyerupai bentuknya seperti semula dengan dibuatkan mahkota tiruan atau restorasi lainnya yang sesuai. Jika patahnya gigi jauh dibawah gusi maka kemungkinan gigi tidak bisa dipertahankan dan harus dicabut.

Bagaimanapun, ada baiknya Anda berkonsultasi secara langsung ke dokter gigi spesialis  gigi anak (SpKGA) agar dapat dilakukan pemeriksaan klinis sehingga dapat ditentukan rencana perawatan yang tepat.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai gigi depan anak patah dan berdarah, semoga bermanfaat.

06 Jun 2018, 15:12 WIB