Gigi Yang Patah Apa Masih Bisa Ditambal Permanen

Info Penanya, pria 16 Tahun

Assalamualaikum dokk.. Saya mau pasang behel gigi nah gigi bagian kiri saya itu bolong, setelah saya pergi ke dokter gigi, gigi saya tersebut ditembel sementara. Kemudian saat saya gunakan makan tiba2 gigi bagian luar saya patah kecil dan keadaanya masih ditembel sementara dok. Pertanyaan saya apakah bisa ditambal permanen dok kalo sudah patah seperti itu? Kan tadi keadaannya masih ditembel sementara dan tambalan tersebut akan di bongkar stelah 2 hari. Apakah bisa di tambal dok bekas patahan gigi tembelan tersebut?

06 Jun 2018, 15:13 WIB
drg. Callista Argentina
dijawab oleh: drg. Callista Argentina

Terimakasih telah bertanya seputar gigi yang patah apa masih bisa ditambal permanen melalui fitur Tanya Dokter dan mohon maaf dalam keterlambatan dalam penjawaban.

Kami memahami keadaan yang anda alami. Kerusakan pada gigi baik karena lubang/karies atau karena patah harus segera dilakukan perawatan guna menghindari terjadi kerusakan yang lebih parah. Gigi yang patah sebagian masih dapat diselamatkan dengan penambalan permanen, namun rencana perawatannya bergantung pada kondisi gigi tersebut. Perlu dilihat dari seberapa banyak sisa jaringan mahkota gigi dan apakah ruang pulpa yang berisi saraf gigi sudah terbuka/belum. Selama ruang pulpa masih tertutup dan sisa jaringan gigi masih cukup banyak atau sesuai indikasi penambalan maka gigi yang patah dapat ditambal biasanya menggunakan tambalan sewarna gigi yang dikeraskan dengan sinar, yaitu resin komposit. Namun jika ruang pulpa sudah terbuka, maka pulpa dapat terinfeksi oleh kuman, oleh sebab itu gigi tidak dapat lagi ditambal biasa, tapi harus dilakukan perawatan syaraf terlebih dahulu yang bertujuan mensterilkan akar dari infeksi kuman. Setelah perawatan tersebut selesai,  baru kontur gigi diperbaiki menyerupai bentuknya seperti semula dengan restorasi/tambalan gigi yang sesuai.

Ada baiknya Anda berkonsultasi secara langsung ke dokter gigi agar dapat dilakukan pemeriksaan klinis sehingga dapat ditentukan rencana perawatan yang tepat. Karena semakin besar kerusakan gigi maka prosedur perawatan akan semakin kompleks.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai gigi yang patah apa masih bisa ditambal permanen, semoga bermanfaat.

06 Jun 2018, 15:13 WIB