Luka Di Bibir Pojok

Info Penanya, wanita 21 Tahun

Dok..... Saya beberapa hari lalu membersihkan karang gigi ke dokter gigi.. Setelah itu selang 3 hari...timbul luka pada gusi berwarna putih... Dan timbul luka pada bibir pojok seperti herpes tapi tidak nyeri hanya saja saya terganggu karena agak gatal.... Selama tiga hari ini setelah saya membersihkan karang gigi, saat saya gosok gigi keluar darah pada gigi bagian belakang yang sekarang gusinya trdapat luka putih, selama tiga hari ini juga saya memakai mouthwash listerine... Kira kira apa penyebab luka pada gusi dan bibir tersebut? Apakah berbahaya atau tidak ya dok?

06 Jun 2018, 15:13 WIB
drg. Callista Argentina
dijawab oleh: drg. Callista Argentina

Terimakasih telah bertanya seputar luka di bibir pojok melalui fitur Tanya Dokter dan mohon maaf dalam keterlambatan dalam penjawaban.

Berdasarkan keterangan yang anda sampaikan, kemungkinan yang terjadi adalah Angular Cheilitis (peradangan di sudut mulut), yang dapat diawali oleh beberapa faktor sebagai berikut:

- dehidrasi / kekurangan asupan cairan

- kekurangan asupan vitamin C dan B12

- kondisi tubuh yang tidak fit/lemah

- memiliki kebiasaan sering menyentuh bibir dengan jari, menggigit-gigit bibir atau jari, kuku, atau pensil dll

- kebersihan gigi dan mulut yang buruk

- trauma alat-alat gigi saat pembersihan karang gigi

Faktor tersebut di atas dapat mempermudah bibir terpapar oleh bakteri dan jamur yang terdapat di dalam mulut, dan memungkinkan perkembangbiakan bakteri dan jamur terutama di sudut mulut. Daerah tersebut merupakan daerah yang lembab dan memiliki pergerakan yang sangat tinggi setiap kali mulut membuka atau menutup dan kondusif bagi pertumbuhan bakteri dan jamur. Lama kelamaan, kulit bibir menjadi terkelupas dan menimbulkan luka kemerahan yang menganga.

Pada sebagian besar kasus, Angular Cheilitis dapat sembuh dengan sendirinya namun seringkali membutuhkan waktu yang cukup lama. Hal ini dikarenakan luka yang sudah setengah kering menjadi terbuka kembali setiap bibir bergerak membuka/menutup.

Untuk mempercepat penyembuhan, Anda dapat mencoba berbagai langkah berikut:

- Perbanyak asupan cairan, dan konsumsi vitamin terutama vitamin B kompleks yang membantu meningkatkan sistem pertahanan tubuh sehingga mempercepat penyembuhan luka

- Hindari menjilat-jilat bibir, karena alih-alih membuat bibir kering menjadi lembab, menijlat bibir justru membuat air liur menumpuk yang semakin kondusif bagi pertumbuhan jamur

- Lindungi luka dari air liur dan lingkungan mulut dengan mengaplikasikan luka dengan gel yang mengandung ekstrak aloe vera atau asam hyaluronat.

Jika Angular Cheilitis tidak sembuh dalam waktu 2 minggu, kami sarankan Anda segera berkonsultasi ke dokter gigi atau ahli dermatologi, karena jika luka disebabkan bakteri , jamur, atau keduanya maka mungkin dibutuhkan obat topikal antibiotik atau anti jamur.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai luka di bibir pojok, semoga bermanfaat.

06 Jun 2018, 15:13 WIB