Cara Menangani Gusi Berdarah

Info Penanya, pria 40 Tahun

Dok, sudah hampir satu tahun ini, gusi bagian geraham kanan saya selalu berdarah setiap saat apalagi jika gosok gigi. Lidah sisi kanan jg terasa kasar tidak nyaman. Nafas juga berbau amis karena darah yg keluar dari gusi. Kenapa bisa begitu dok, bagaimana penanganannya dan apa obatnya? Terima kasih

09 Jun 2018, 00:15 WIB
drg. Callista Argentina
dijawab oleh: drg. Callista Argentina

Terimakasih telah bertanya seputar cara menangani gusi berdarah melalui fitur Tanya Dokter.

Gusi berdarah akibat menyikat gigi adalah tanda adanya peradangan pada gusi yang disebut Gingivitis. Penyebabnya karena Penumpukan plak dan karang gigi di permukaan gigi terutama di sekitar leher gigi.

Perubahan hormonal juga dapat menyebabkan gusi mudah berdarah, namun utamanya terjadi pada wanita, misalnya saat sedang hamil. Selain itu Konsumsi obat-obatan tertentu dapat menyebabkan peradangan gusi, seperti obat anti konvulsan (epilepsi), pain killers, atau perawatan seperti kemo atau radioterapi, Trauma atau cedera, misalnya penggunaan tusuk gigi yang berlebihan atau menyikat gigi terlalu keras, Defisiensi/kekurangan zat gizi tertentu seperti vitamin K dan C, Penyakit sistemik, seperti penyakit liver, ginjal, atau diabetes dapat bermanifestasi dalam rongga mulut dalam bentuk gusi berdarah.

Jika terdapat gusi berdarah tentunya dapat menyebabkan aroma mulut jadi tidak sedap. Untuk menanganinya anda dapat melakukan pembersihan karang gigi di dokter gigi, kemudian kuretasi gusi jika diperlukan. Kami sarankan untuk segera periksakan keadaan rongga mulut anda ke dokter gigi agar gusi berdarah dapat segera ditangani. 

Bila keadaan ini dibiarkan tanpa perawatan maka peradangan dapat berlanjut ke jaringan penyangga gigi yang disebut Periodontitis. Periodontitis yang tidak dirawat akan mengakibatkan kerusakan tulang rahang dan menyebabkan gigi goyang.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai cara menangani gusi berdarah, Semoga bermanfaat.

09 Jun 2018, 00:15 WIB