Gusi Di Ujung Nyeri Sampai Telinga Dan Sulit Buka Mulut

Info Penanya, wanita 16 Tahun

Assalamualaikum dok,saya safinatun naja ingin bertanya gusi sebelah kanan saya yang berada diujung gigi geraham terasa nyeri sekali seakan akan speertinya akan tumbuh gigi baru dok tapi rasa nyerinya sampai mengenai telinga dan saya jadi kesulitan membuka mulut dan mengunyah beberapa hari ini. Mohon info dan sarannya ya dok

09 Jun 2018, 00:15 WIB
drg. Callista Argentina
dijawab oleh: drg. Callista Argentina

Terimakasih telah bertanya seputar gusi di ujung nyeri sampai telinga dan sulit buka mulut melalui fitur Tanya Dokter.

Sebelumnya kami perlu tanyakan apakah sakit gigi anda disertai gusi bengkak di bagian gusi paling belakang? Jika iya maka dugaan kami anda mengalami Perikoronitis, yaitu suatu peradangan pada jaringan lunak gigi yang mengalami gangguan pertumbuhan atau impaksi, dimana gigi hanya tumbuh sebagian pada bagian mahkota gigi. Keadaan ini sering dijumpai pada gigi geraham bungsu yang sedang tumbuh. Anak-anak sampai orang dewasa yang giginya sedang mengalami erupsi dapat beresiko terjadinya perikoronitis. Pada gambaran radiografi akan tampak berupa radiolusensi yang menyerupai bentuk obor disekeliling mahkota gigi

Gejala yang dialami berupa :

- Pembengkakan berwarna kemerahan pada gusi yang menutupi gigi, dan bila ditekan dengan alat tertentu pada bagian tersebut dapat mengeluarkan nanah.

- Bau mulut.

- Gusi kemerahan.

- Rasa sakit, timbul bila keadaan cukup parah.

- Trismus (gangguan dalam membuka mulut), hal ini terjadi bila pembengkakan atau selulitis meluas sampai otot masseter.

- Terkadang disertai demam.

- Limfadenopati regional.

- Rasa sakit pada telinga juga dapat timbul.

- Sakit pada saat menutup mulut yang dikarenakan tekanan dari gigi lawan.

Tindakan yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan foto rontgen panoramic untuk melihat posisi gigi bungsu. Bila ada resiko terjadinya penyebaran infeksi maka diperlukan terapi dengan antibiotik. Untuk mengurangi rasa sakit dapat dioleskan obat analgetik topical atau minum obat pereda nyeri. Sebaiknya segera periksakan kondisi gigi Anda ke dokter gigi agar bisa mendapatkan penanganan yang diperlukan.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai gusi di ujung nyeri sampai telinga dan sulit buka mulut, semoga bermanfaat.

09 Jun 2018, 00:15 WIB