Menangani Gigi Geraham Patah

Info Penanya, pria 20 Tahun

Dok, beberapa minggu lalu gigi geraham saya patah separuh, selang beberapa hari gusi di bawah gigi yang patah tadi menjadi bengkak, apakah ini berbahaya, dan apakah gigi saya masih bisa diselamatkan/ditambal terimaksih.

09 Jun 2018, 00:34 WIB
drg. Callista Argentina
dijawab oleh: drg. Callista Argentina

Terimakasih telah bertanya tentang menangani gigi geraham patah melalui fitur Tanya Dokter.

* Dalam menentukan jenis perawatan gigi patah, dokter gigi harus menegakkan diagnosa terhadap gigi tersebut yang didukung oleh:

Anamnesa/ WawancaraPemeriksaan klinisFoto rontgen.

* Penanganan tergantung dari kondisi patahan:

Jika kondisi patah gigi melibatkan dentin dan kamar saraf:

Jika patahnya gigi telah melibatkan lapisan kedua yaitu dentin dan kamar saraf dari gigi maka perlu dipastikan keadaan dari kamar saraf gigi apakah masih vital atau sudah terbuka dan terkontaminasi.

Jika masih vital:

Apabila masih vital maka mempertahankan keadaan inilah yang menjadi keutamaan dari tindakan perawatan gigi.

Jika kamar saraf terbuka:

Pada kamar saraf yang sudah terbuka dan terkontaminasi harus dilakukan perawatan kamar saraf gigi yang disebut juga perawatan pulpektomi.

Jika kondisi patah gigi hanya lapisan terluar:Perbaikan secara estetik pada bagian yang patah apabila hanya meliputi lapisan terluar dari gigi yaitu email maka hanya perlu dilakukan penambalan saja, dan pada keadaan tertentu jenis perawatan yang dapat dilakukan adalah dengan mahkota gigi tiruanyang terbuat dari beberapa jenis bahan, metal-porcelain, ceramic dan resin.

Jadi gigi yang patah tidak bisa dilem begitu saja, apalagi tanpa melakukan perawatan pada gigi tersebut. Kami sarankan agar anda memeriksakan gigi yang sakit tersebut ke dokter gigi. Sementara menunggu ke dokter gigi, untuk meredakan sakit dan ngilu bisa mengkonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas di apotik.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai menangani gigi geraham patah, semoga bermanfaat.

09 Jun 2018, 00:34 WIB