Penyebab Gusi Berdarah Spontan

Info Penanya, wanita 17 Tahun

Dok saya mau tanya, kenapa gusi saya suka tiba tiba berdarah, padahal gak terbentur apapun, itu kenapa ya?

09 Jun 2018, 00:53 WIB
drg. Callista Argentina
dijawab oleh: drg. Callista Argentina

Terimakasih telah bertanya seputar penyebab gusi berdarah spontan melalui fitur Tanya Dokter.

Gusi yang berdarah adalah salah satu tanda peradangan gusi, ciri dari peradangan gusi adalah gusi membengkak, warna kemerahan yang lebih terang daripada daerah sekitar, dan mudah berdarah. Penyebab yang paling umum dari peradangan gusi adalah akumulasi karang gigi yang cukup banyak, atau karena trauma oklusi pada gigi yang bersangkutan. Karang gigi berwarna putih kekuningan, dan bisa saja yang Anda sebutkan dalam keterangan Anda bahwa warnanya agak keputihan sebetulnya adalah karang gigi di daerah leher gigi yang berbatasan langsung dengan gusi.

Jika gigi yang berdekatan dengan gusi yang bengkak tersebut ada yang berlubang, maka ada kemungkinan pembengkakan tersebut adalah abses (bisul) pada gigi namun biasanya lubang sudah dalam dan pernah terasa sakit yang cukup hebat yang terjadi secara spontan/tiba-tiba.

Infeksi bakteri yang terjadi pada gigi dan gusi memang dapat menyebabkan penyakit di organ lain misalnya jantung karena bakteri memasuki aliran darah dan menginfeksi organ tersebut, namun tidak semua kasus akan berakhir seperti itu. Bergantung dari daya tahan tubuh penderita, virulensi bakteri, dan faktor-faktor lainnya. Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, segera periksakan diri Anda ke dokter gigi secara langsung. Apa yang saya paparkan disini tidak dapat menggantikan pemeriksaan dokter secara klinis, dan yang dapat saya jelaskan hanya berdasarkan dugaan sebab hanya mengandalkan keterangan pasien.

Baca artikel berikut terkait pertanyaan anda :

Ancaman Mematikan di Balik Gusi Berdarah

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai penyebab gusi berdarah spontan, semoga bermanfaat.

09 Jun 2018, 00:53 WIB