Keluar Darah Saat Hamil Muda

Info Penanya, wanita 22 Tahun

Sore dok saya Riana alifiyani saya mau menanyakan saya terakhir hed tgl 18 April dan sampe tgl 18 Mei saya tidak hed sampe akhirnya 2 minggu sya tespek dan hasilnya 2 garis samar dan saya di usg belom terlihat, sekarang memasuki minggu ke 3 saya mengeluarkan darah banyak dan merasakan nyeri pada bawah perut apakah saya keguguran atau menstruasi karna begitu saya mengeluarkan darah saya di tespek ulang di bidan hasilnya negatif

09 Jun 2018, 15:16 WIB
dr. Andika Widyatama
dijawab oleh: dr. Andika Widyatama

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai Keluar Darah Saat Hamil Muda.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Memang pada 20-30% wanita hamil terkadang dapat mengalami flek-flek perdarahan yang biasa terjadi di awal kehamilannya (3 bulan pertama kehamilan). Beberapa hal yang dapat menyebabkan timbulnya flek-flek selama kehamilan diantaranya adalah:

  • Melakukan hubungan seksual selama kehamilan. Biasanya flek-flek darah akan timbul setelah melakukan hubungan seksual saat hamil karena saat hamil serviks (leher rahim) wanita dialiri oleh lebih banyak darah dibandingkan oleh wanita yang tidak hamil, karena itu serviks wanita yang sedang hamil lebih mudah berdarah
  • Keguguran
  • Kehamilan di luar kandungan (kehamilan ektopik)
  • Blighted Ovum (BO). Merupakan suatu kelainan dimana janin di dalam rahim gagal untuk berkembang
  • Infeksi saluran reproduksi oleh jamur, parasit, ataupun bakteri
  • Plasenta previa atau Solusio plasenta (pelesapan plasenta dari dinding rahim). Merupakan penyebab perdarahan yang biasanya terjadi pada trimester kedua atau ketiga kehamilan.
  • dll

Jika flek-flek cukup mengkhawatirkan, sebaiknya Anda membawa diri mengunjungi dokter untuk memeriksakan diri sehingga dapat diketahui sumber masalah. Tetaplah memeriksakan kehamilan Anda ke dokter Anda.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Keluar Darah Saat Hamil Muda. Semoga bermanfaat.

Salam,

09 Jun 2018, 15:16 WIB