Gangguan Haid Setelah Suntik KB 3 Bulan

Info Penanya, wanita 23 Tahun

Siang dok saya mau tanya kan saya pasca melahirkan tgl 9 april lalu saya sudah suntik kb 3 bulan tapi setelah suntik kb saya langsung haid lagi kira2 1 minggu tpi setelah 2 hari kemudian saya ngeflek lagi dok itu kenapa iya dok

08 Jun 2018, 23:31 WIB
dr. Dyan Mega Inderawati
dijawab oleh: dr. Dyan Mega Inderawati

Terima kasih telah bertanya seputar Gangguan Haid Setelah Suntik KB 3 Bulan melalui fitur Tanya Dokter

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. KB hormonal (termasuk suntik KB 3 bulan) memang dapat menyebabkan gangguan dari menstruasi. Biasanya pada penggunaan awal (3 bulan pertama) dapat terjadi perdarahan yang tidak teratur, beberapa efek lain seperti  lapisan dari lendir rahim menjadi tipis sehingga haid sedikit, bercak atau tidak haid sama sekali, perdarahan tidak menentu pada beberapa bulan pertama.

Lama-kelamaan menstruasi bisa tidak dapat sama sekali. Hal ini sering dialami oleh wanita yang menggunakan kontrasepsi suntik KB 3 bulan. Umumnya bila menggunakan suntik KB 3 bulan maka pengembalian kesuburan dan menstruasi normal kembali setelah penghentian 5-7bulan. 

Bila Anda ingin memastikannya, dapat konsultasi langsung ke dokter spesialis kebidanan kandungan dan dilakukan pemeriksaan USG kandungan (jika diperlukan) untuk melihat apakah terdapat gangguan pada organ kandungan.

Jika Anda merasa tidak nyaman dengan KB yang Anda gunakan sekarang, Anda dapat menggunakan metode lain seperti penggunaan kondom, atau pemasangan spiral. Spiral dapat bertahan hingga 8 tahun dan tidak berpengaruh terhadap hormon tubuh sehingga tidak akan mengganggu siklus haid. Jika Anda ingin memiliki anak setelah menggunakan spiral Anda dapat langsung meminta dokter untuk mencabut spiral dan kesuburan Anda akan langsung kembali tanpa harus menunggu berbulan-bulan.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar Gangguan Haid Setelah Suntik KB 3 Bulan. Semoga bermanfaat.

08 Jun 2018, 23:31 WIB