Perawatan Gigi Patah Ke Dokter Mana?

Info Penanya, wanita 17 Tahun

Pagi dok, maaf menganggu, saya ingin bertanya jika untuk pembersihan saluran akar dan pembentukan gigi yang patah lebih baik ke dokter spesialis konservasi gigi atau prostodonsia. Terimakasih dok

10 Jun 2018, 00:44 WIB
drg. Callista Argentina
dijawab oleh: drg. Callista Argentina

Terimakasih telah bertanya seputar perawatan gigi patah ke dokter mana melalui fitur Tanya Dokter.

Gigi yang telah patah akibat karies ataupun trauma kecelakaan masih sangat bisa dipertahankan karena akar gigi masih kuat hanya saja mahkota giginya yang tinggal sedikit bahkan hampir habis. Oleh karena itu saya juga menyarankan untuk dilakukan PSA yaitu Perawatan Saluran Akar (Perawatan Saraf Gigi) untuk mempertahankan gigi tersebut. Biaya untuk PSA relatif tergantung dari Klinik/RS yang anda datangi, atau Dokter yang merawat, apakah Dokter Gigi Umum atau Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi. Apabila memilih berobat ke Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi, selain alatnya yang lebih lengkap dan canggih, PSA juga bisa dilakukan dalam 1 kali kunjungan sehingga meminimalisir keterbatasan waktu anda namun biayanya biasanya akan relatif lebih tinggi dibanding dengan dokter gigi biasa.

Setelah selesai perawatan saraf gigi, gigi dibuatkan mahkota tiruan jenis pin crown dengan bahan porcelain/ceramic karena selain kuat juga memiliki pilihan warna yang menyerupai gigi asli sehingga bisa didapatkan estetik yang baik untuk gigi depan.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai perawatan gigi patah ke dokter mana, semoga bermanfaat.

10 Jun 2018, 00:44 WIB