Mengatasi Gusi Yang Sering Bengkak

Info Penanya, wanita 20 Tahun

Selamat malam dok.. Dok, saya mau tanya. Gusi saya sering sekali bengkak, dan gusi yg bengkak tersebut seperti pucat gitu dan tidak sakit. Dan saat bengkakan gusinya pecah, yg keluar seperti campuran air dan darah gitu, terus rasanya seperti asin" gitu dok (tidak sengaja tertelan). Hal itu disebabkan oleh apa dok, dan bagaimana cara mengatasinya ? Dan apakah itu berbahaya dan memerlukan penanganan khusus ? Trimakasih dok, atas kesempatan saya bertanya😊🙏

10 Jun 2018, 00:48 WIB
drg. Callista Argentina
dijawab oleh: drg. Callista Argentina

Terimakasih telah bertanya seputar mengatasi gusi yang sering bengkak melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kondisi yang anda alami saat ini. Memiliki penyakit yang selalu kambuh merupakan keadaan yang tidak menyenangkan. Berdasarkan keterangan yang anda jabarkan, kemungkinan anda mengalami kondisi abses kronis. Dalam kondisi ini gigi biasanya sudah mati/ non vital sehingga sudah tidak ada lagi rasa sakit.

Bila dibiarkan dan tidak mendapatkan perawatan yang tepat, abses dapat meluas ke tulang rahang dan jaringan lunak dan menyebabkan pembengkakan yang cukup besar. Misal gigi molar bawah mengalami abses, pipi dapat mengalami pembengkakan yang cukup besar, bila dipegang terasa panas, sakit dan bisa disertai demam. Terkadang kelenjar limfe yang berdekatan dapat membesar dan terasa sakit. Kalau kondisi memburuk (misalnya daya tahan tubuh pasien lemah, dikombinasi dengan bakteri yang virulen dan tidak dirawat), bisa terjadi komplikasi yang cukup serius. Bakteri dapat menyebar melalui aliran darah ke organ vital, dan dapat terjadi kondisi yang disebut Angina Ludwig yang menyebabkan pasien kesulitan bernafas, akibatnya dapat berujung kepada kematian, seperti yang dilaporkan pada beberapa kasus. Hal tersebut adalah dampak terburuk, dan belum tentu terjadi pada semua pasien yang mengalami abses kronis.

Yang harus anda lakukan agar gejala yang serupa tidak kambuh kembali adalah dengan memeriksakan kondisi gigi Anda ke dokter gigi, berdiskusi untuk menentukan rencana perawatan yang terbaik agar mendapatkan perawatan yang tepat dan menghindari resiko yang lebih buruk. Dokter gigi akan memeriksa apakah gigi tersebut masih dapat dipertahankan atau tidak. Jika sudah tidak bisa dipertahankan maka gigi harus dicabut, untuk mencegah penyebaran infeksi lebih luas.

Supaya lebih yakin lagi, ada baiknya anda juga meminta second opinion ke dokter gigi spesialis Konservasi gigi, serta mendiskusikan kembali rencana perawatan yang telah anda dapatkan dari dokter gigi sebelumnya. 

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai mengatasi gusi yang sering bengkak, semoga bermanfaat.

10 Jun 2018, 00:48 WIB