Akibat Perawatan Saluran Akar Ditunda 3 Minggu

Info Penanya, wanita 22 Tahun

Selamat malam dokter, saya sakit gigi berhari2 krn gigi berlubang dan sudah mengenai syaraf.. hari Rabu (kunjungan 1) saya periksa dan dokter gigi sy langsung mematikan syaraf gigi saya, kemudian ditambal sementara, Jumat (kunjungan 2) saya kontrol dan diganti tambalan saya dan sy merasa sudah tidak sakit sama sekali, kemudian ditambal sementara lagi, dokter sy menyarankan sy agar 3 hari lgi (kunjungan 3) datang untuk mengganti tambalan sementara ini menjadi tambalan permanen. Yang sy tanyakan 1. Apakah tdk apa2 jika sy kembali lagi 3 minggu kedepan, karena sy ada kesibukan ke luar kota? 2. Apakah akan mempengaruhi tambalan sementara ini? 3. Apa ada efek lain yg akan ditimbulkan? 4. Tambalan gigi jenis apa yang paling awet dan nyaman ya dok? Dan kisaran biayanya? Terimakasih.

10 Jun 2018, 00:49 WIB
drg. Callista Argentina
dijawab oleh: drg. Callista Argentina

Terimakasih telah bertanya seputar perawatan saluran akar ditunda sampai 3 minggu apa akibatnya melalui fitur Tanya Dokter.

Berdasarkan keterangan yang anda sampaikan, menurut kami pada kunjungan ke 3 jika anda lebih dari minggu, tidak apa-apa karena gigi sudah mati namun yang dikhawatirkan adalah ketahanan tambalan sementara yang mungkin hanya bisa bertahan 1-2 minggu.  Jika tambalan sementara sampai lepas seluruhnya maka ada kemungkinan perawatan perlu diulang karena sisa makanan dan kotoran sudah masuk ke saluran akar gigi, dan tentunya bakteri juga masuk ke dalamnya. 

Untuk perawatan restorasi/ tambalan akhir pada gigi yang dilakukan perawatan saluran akar sebaiknya adalah pin crown. Kalau dengan tambalan sinar biasa, gigi akan mudah patah karena rapuh. Dengan teknologi terbaru kini ada tambalan baru yang lebih kuat yang menggunakan fiber. Diskusikan dengan dokter gigi anda mengenai alternatif perawatan gigi yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai perawatan saluran akar ditunda sampai 3 minggu apa akibatnya, semoga bermanfaat.

10 Jun 2018, 00:49 WIB